oleh

Jadi Pilot Project se Pekanbaru, Kadis Dalduk KB Buka Pelatihan BKB BKL Kelurahan Kampung Baru

Pekanbaru, Detaksatu : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kota Pekanbaru Muhammad Amin membuka pelatihan kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Kelurahan Kampung Baru Senapelan di aula Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan pada Senin (20/07/20) Pagi melaksanakan program kegiatan pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat tahun anggaran 2020.

Dalam hal ini, program tersebut melaksanakan pelatihan pembinaan Kader Bina Keluarga Balita dan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKBBKL) yang mengikutsertakan 35 orang dari Ibu-ibu yang terdiri dari Kader Posyandu maupun kader PKK.

Dari keseluruhan peserta yang hadir tersebut, menurut Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos merupakan kader-kader pilihan yang dapat dipercaya untuk memberikan penyuluhan langsung ke masyarakat terkait pembinaan balita dan lanjut usia.

“Kami sudah memilih para kader dari ibu-ibu yang memiliki kemampuan dalam memajukan masyarakat di kampung baru ini, khususnya dibidang BKBBKL yang kita laksanakan hari ini,” Ujar Lurah Yeni,  Senin (20/07/2020).

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru yang telah memberikan manfaat dan dukungan masyarakat di kelurahan Kampung Baru.

“Alhamdulillah, support dan apresiasi dari Disdalduk KB kota Pekanbaru melalui Bapak Muhammad Amin selaku Kepala Dinas yang menyampaikan kekaguman kepada pemerintah Kelurahan Kampung Baru yang selalu bersinergi dengan masyarakat,” Urai Yeni sembari.

Mengharapkan kepada Disdalduk KB agar dapat memberikan bimbingan dan arahannya kepada para kader yang ditunjuk agar bisa memberikan pemahaman tentang perawatan balita dan lansia dengan baik dan benar kepada masyarakat sekitar.

Untuk pembiayaan pelaksanaan pelatihan tersebut, Lurah Yeni menjelaskan bahwa kegiatan ini menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan Kelurahan tahun 2020.

“Melalui alokasi anggaran yang ada saat ini, kita dari Kelurahan Kampung Baru telah melakukan pemberdayaan terhadap kemampuan masyarakat.

Selain pembinaan dan bimbingan untuk para kader-kader ini, kita juga pernah melaksanakan berbagai pelatihan diantaranya seperti tata boga, perbengkelan, salon, dan lain sebagainya,” Ujar Yeni.

Dengan adanya pelatihan ini, Lurah Yeni sangat mengharapkan kerja sama kepada para peserta agar dapat memahami ilmu pembelajaran yang akan disampaikan oleh pemateri.

“Kami berharap para peserta dapat serius mengikuti kegiatan pelatihan ini. Jadikan kegiatan ini sebagai upaya membangun lingkungan kita kearah yang lebih baik.

Pahami dan sampaikan langsung penerapan ilmu yang sudah kita dapat ke semua masyarakat Kelurahan Kampung Baru yang kita cintai ini,” Tutup Yeni Erita S.Sos.

Dalam penyampaian Kadisdalduk KB kota Pekanbaru M. Amin yang juga memberikan materi kepada para peserta mengatakan bahwasanya para kader BKBBKL di kelurahan Kampung Baru harus bisa menerapkan pola pembekalan kemampuannya ini terlebih dahulu kepada keluarga sendiri.

“Sebelum ke masyarakat, ada baiknya ilmu dan bakat yang kita miliki perlu diterapkan kepada keluarga di lingkungan kita sendiri.

Karena pemahaman pola asuh bagi balita dan lanjut usia penuh dengan kesabaran dan kelembutan, sehingga dapat diterima oleh masyarakat,” Ujar Kadisdalduk KB kota Pekanbaru.

Untuk diketahui kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari kedepan, yang mana inti pembekalan tersebut.

Yaitu bagaimana para kader dapat merawat serta mengasuh balita dengan memperhatikan asupan gizinya dan menjaga keluarga lanjut usia dengan memperhatikan dan mengatur pola makannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadisdalduk KB kota Pekanbaru M. Amin, Camat Senapelan Fabillah Sandy SE, M.AP.

Ketua DPD LPM kota Pekanbaru Sarjoko SE, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, Ketua RT/RW, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para peserta, dan undangan lainnya.

Laporan : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru