oleh

Buka Musrenbang RPJPD-RKPD 2025, Wabup Sebut Program Prioritas Pemkab Pelalawan

Pelalawan, Detaksatu.com : Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Pelalawan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH. MH, Kamis (28/3/2024) di Gedung Daerah Laksmana Mangku Diraja. Musyawarah untuk menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah.

Wakil Bupati Pelalawan, Nasaruddin SH. MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah merupakan upaya dalam peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, baik lapangan kerja, usaha, maupun akses pelayanan publik serta kualitas pelayanan Daerah.

Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah baik dalam jangka pendek, menengah ataupun panjang. Dimana dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan  pemangku kepentingan. Melalui musyawarah pembangunan yang dimulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Secara substansi usulan pembangunan yang dibahas yang dilakukan dengan menggunakan pola Tematik, holistik, integratif, serta Partial.

Maka dari itu tema Musrenbang RKPD 2025 yaitu “Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Berbasis Kerakyatan dan Produk Unggulan Daerah Menuju Pelalawan Maju”.

Oleh karena itu penanganan fokus pembangunan prioritas pada tahun 2025 adalah sebagai berikut:

Pembangunan Infrastruktur yang berkeadilan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi;

Penguatan dan Peningkatan bantuan Sosial bagi masyarakat miskin, anak yatim dan janda tua/lansia;

Penguatan pemberian insentif kepada penyelenggara rumah ibadah;

Penguatan dan peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan gratis;

Peningkatan bantuan pupuk kepada masyarakat;

Peningkatan bantuan modal UMKM;;

Peningkatan layanan pemerintahan melalui aplikasi “Klik Pelalawan”;

Peningkatan Pelalawan sejuk, dan tempat rekreasi, olahraga bagi masyarakat.

Selanjutnya Wakil Bupati Nasaruddin memaparkan penurunan tingkat kemiskinan dan pengguran pada tahun 2045,nanti diharapkan semakin rendah bahkan kemungkinan tidak adalagi masyarakat miskin ataupun pengangguran di Kabupaten Pelalawan. Sehingga terjadinya taraf Indeks pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi yang  semakin tinggi di Kabupaten Pelalawan.

“Oleh sebab itu, marilah kita semua manfaatkan kesempatan ini untuk dapat memberikan pemikiran dan gagasan serta masukan terkait isu-isu strategis. Serta arah kebijakan pembangunan serta penyelesaian 20 tahun kedepan. RPJPD kita ini sampai 2045 yaitu dengan tujuan Indonesia Emas. Maka diharapkan pemikiran, masukan dari tokoh tokoh masyarakat semuanya,” papar Wabup Nasaruddin.

Selain itu Wabup Nasaruddin juga menyampaikan bahwa yang paling dominan dalam pembangunan Kabupaten Pelalawan ini adalah keberadaan Perusahaan. Kerjasama dengan perusahaan yang ada di Pelalawan ini harus tetap di jaga secara bersama-sama agar tetap berkelanjutan dan bersinergi dalam rangka pembangunan Kabupaten Pelalawan yang maju.

Melalui kesempatan ini nantinya Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah mendukung dan berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur strategis melalui Dana CSR masing-masing perusahaan.

Penghargaan ini merupakan ungkapan terimakasih Pemerintah Kabupaten Pelalawan atas dukungan perusahaan dalam membangun daerah selama ini. Dengan harapan dukungan ini akan terus berlanjut dengan jumlah yang lebih besar lagilagi, terutama penanganan status stunting dan masyarakat miskin.

“Diharapkan akan bermunculan saran, gagasan dan masuk-masukan dari tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat baik dalam perencanaan pembangunan. Maka dsri itu pembangunan nisa berjalan dengan semestinya dan sesuai kebutuhan. Sehingga pembangunan Kabupaten Pelalawan benar-benar kedepannya lebih maju lagi,” tutup Wakil Bupati Nazaruddin. (ADV)

LAP : RY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru