oleh

LAMR Kecamatan Pasirpenyu Gelar Takbir Keliling Rayakan Idul Fitri 1445 H

INHU, DETAKSATU.COM – Untuk merayakan hari kemenangan menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hulu Kecamatan Pasirpenyu menggelar takbiran diseputaran Jalan Jalur Dua Dalam Kota Airmolek.

Peserta takbiran yang ikut berpartisipasi diantaranya sebanyak 9 Kendaraan Roda Tiga (Becak Honda) dan Beberapa Mobil Roda Empat, star rute dari gedung balai adat Airmolek – putar jalan Sudirman jalur dua depan Mesjid Al – Muslimin Kelurahan Tanjung Gading Finish dikediaman H Syamsul Bahri Desa Batu Gajah, hal ini dikatakan Kordinator Takbiran LAM Pasirpenyu Datok Abdul Rasyid alias Tambi, Selasa (9 April 2024) malam.

Ia menuturkan melaksanakan takbir keliling dengan tetap menerapkan aturan lalu lintas dalam perjalanan pawai becak Honda dan mobil dikawal ketat oleh beberapa personil Ormas Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Kabupaten Inhu.

Datok Tambi biasa disapa Pak Hitam menambahkan mewakili LAM Pasirpenyu mengucapkan terimakasih kepada Donatur, karena suksesnya pawai takbiran pada malam idul Fitri 1445 H tahun 2024 tersebut berkat sumbangsih kepedulian dari Datok Hendri Adi, Pengusaha Sukses Desa Batu Gajah, Anggota DPRD Inhu, Datok Roni Zaherman Anggota terpilih DPRD Inhu dari Partai Demokrat, Datok Arsyadi SH, Anggota DPRD terpilih dari Partai Golkar, Datok Jhon Suherman, Seklur Kelurahan Sekar Mawar, Datok Eko Wira Winata Pengusaha Sukses Candirejo.

Ucapan terimakasih serta apresiasi dari masyarakat Airmolek dan LAM Pasirpenyu kepada pihak pihak Donatur yang memberikan bantuannya agar pelaksanaan takbiran sukses dan lancar.

“Alhadulillah selama pelaksanaan Pawai takbiran malam ini dari pelepasan hingga kembali ke balai adat dalam keadaan aman dan berjalan lancar,” Pungkas Abdul Rasyid.

Selanjutnya tempat yang sama Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) didampingi Ketua Dewan Pimpinan Harian Kecamatan Pasirpenyu, Datok H Agustiar Akhalik SP, Datok H Zulfardi Azzahri S PdI menambahkan kegiatan Pawai Takbiran adalah sebuah kegiatan merayakan hari kemenangan dihari Fitri, LAM Pasirpenyu sudah rutin menggelar pawai takbiran sudah 2 tahun digelar.

Senggol Datok H Agustiar Akhalik yang juga pernah menjadi anggota DPRD Inhu dimasanya, sangat naif keberadaan Pemerintah Kecamatan Pasirpenyu sedikitpun tidak ada respon bagaimana untuk merayakan hari kemenangan tersebut.

Sebenarnya belajar dari pak Camat sebelumnya untuk merayakan malam takbiran sangat meriah tapi pak camat saat ini tak ada gebrakan nya untuk menggelar Takbiran.

” Alhamdulillah untung masyarakat Airmolek punya inisiatif menggelar pelaksanaan takbiran seadanya semampu mereka dari pada tak bergema suara Allahuakbar Walillah Islam di Kecamatan Pasirpenyu,” Beber Datok Agustiar. (LAPORAN FAUZI)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru