oleh

APP Sinarmas berkolaborasi dengan BRIN Taja Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu

Kampar, Detaksatu : Asia Pulp and Paper (APP) Sinarmas Forestry Regional Riau melalui Unit Usahanya PT. Arara Abadi dan PT. Perawang Sukses Perkasa Industri (PSPI) mengadakan Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu khususnya pembudidayaan Ikan Baung (Mystus nemurus).

Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu lalu.

Selain BRIN, pelatihan perikanan darat lokal terpadu juga melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Desa Makmur Peduli Api (DMPA), serta Akademisi Universitas Islam Riau (UIR) DR. Ir. Rosyadi M. Si.

Pelatihan ini dilaksanakan dari Tanggal 14 s/d 16 November 2023 di Desa Sungai Paku Kacamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Propinsi Riau.

Pelatihan perikanan darat lokal terpadu diikuti oleh masyarakat Desa Makmur Peduli Api yang tersebar di sekitar konsesi perusahaan antara lain Desa Kesumbo Ampai Duri, Desa Pinang Sebatang Barat, Desa Pinang Sebatang Timur, Desa Melibur, Desa Bukit Kapur, dan Desa Sungai Paku.

Dari setiap masing Desa mengutus 4 orang peserta pelatihan. BRIN yang membidangi Pusat Riset Zoologi terapan Sutikno mengatakan Pelatihan ini diberikan kepada peserta yaitu bagaimana cara membudidayakan perikanan darat lokal.

“Diharapkan setelah pelatihan nanti perserta bisa dan mampu melakukan pembudidayaan di tempat masing masing,” harapnya.

Pelatihan Perikanan Darat Terpadu dibuka oleh Direktur PT. Arara Abadi Ir. H. Edie Haris MZ yang didampingi oleh Direktur PSPI Makmur Hasibuan.

Dalam amanatnya, Edie Haris menyampaikan, Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ( MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional ( BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu lalu di Jakarta.

Edie berharap kepada peserta agar pelatihan ini dapat dijadikan ilmu dan keterampilan khususnya Budidaya Ikan Baung yang sekarang susah untuk didapatkan.

Selain itu, tambah Edie ikan Baung memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat di terapkan di desa masing-masing sehingga dapat menghasilkan nilai tambah terhadap perekonomian masyarakat desa sekitar Hutan.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa menciptakan lapangan kerja baru,” kata Edie Haris.

Pembukaan pelatihan perikanan darat lokal terpadu juga dihadiri oleh Camat Kampar Kiri H. Marjanis, SE, Kapolsek Lipat Kain, Danramil Lipat Kain, Universitas Islam Riau DR. Ir. Rosyadi M. Si, dan Kepala Desa Sungai PaRocky.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sungai Paku Rocky, sangat berterima kasih kepada PT. PSPI dan PT. Arara Abadi atas dedikasi perusahaan selama ini terhadap masyarakat Sungai Paku.

“Semoga kedepannya kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini bisa dijaga dan dapat ditingkatkan lagi,” pintanya sambil tersenyum sumringah.***

(Risky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru