oleh

Ketua PKM Ir. Novia Rita, MT Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong (Manihot Utilissima) di PT SPR Langgak

Rokan Hulu, Detaksatu.com : Sebagai bentuk sinergi antara akademisi Program Studi Teknik Perminyakan dengan Industri Migas, Dosen Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR), Sabtu (23/09/2023) yang lalu, melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) Langgak.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan para Dosen UIR dibawah Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM-UIR), yang bertempat di Perkantoran Lapangan PT SPR Langgak, Kota Tandun, Rokan Hulu.

Sebelumnya, kedatangan Tim PKM UIR yang di Ketua Novia Rita, ST, MT yang didampingi anggota Dr. Mursyidah, M.Sc dan Fitri Mairizki, S.Si, M.Si, dan dua orang mahasiswa Teknik Perminyakan disambut kedatangan pihak PT. SPR Manager Operation, Alfiandri beserta Tim Production dan Surface Facility.

Ketua PKM, Novia Rita, ST, MT memaparkan tentang Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong (Manihot Utilissima) Sebagai Bioethanol Untuk Pencegahan Paraffing Wax Pada Sumur Produksi Minyak Bumi di Lapangan PT. SPR Langgak.

Ia menambahkan dosen dan mahasiswa Teknik Perminyakan UIR juga melakukan penelitian terhadap Limbah bahan organic yang dapat dijadikan sebagai bahan alternatif dalam mencegah paraffin wax (menghambat laju produksi minyak di suatu lapangan Minyak Bumi).

Teks foto : Tim PKM Perminyakan UIR foto bersama dengan Tim PT. SPR Langgak

“Penelitian ini masih dalam tahap skala laboratorium yang menggunakan sampel dari PT. SPR Langgak. Kami sangat berterima kasih kepada PT. SPR Langgak yang telah banyak membantu di dalam penelitian tersebut,” pungkas Ir. Novita Rita yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Perminyakan UIR.

Disisi lain, Manager Operation PT. SPR Langgak Alfiandri menjelaskan pihak PT SPR Langgak menyambut sangat baik kegiatan ini, karena bisa sinergi antara penelitian dosen Teknik Perminyakan UIR dengan beberapa permasalahan Wax Paraffin yang di jumpai di lapangan tersebut.

Ia berpesan agar kegiatan PKM ini dilakukan setiap tahun, dalam mewujudkan sinergi antara pihak akademisi dengan pihak Industri Migas sebagai bentuk menghasilkan inovasi baru, yang menunjang kegiatan Produksi Minyak Bumi Nasional, tutupnya.

Pertemuan tersebut berlangsung santai dan akrab, yang diakhiri dengan foto bersama Tim PT. SPR Langgak.

Teks foto : Tim PKM Perminyakan di Ketua Novia Rita, ST, MT foto bersama jajaran PT. Lapangan SPR Langgak.

Lap : Vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru