oleh

Cari 14 Atlet Terbaik, PBSI Riau Gelar Seleksi Pra PON

Pekanbaru, Detaksatu : Sebanyak 27 pebulu tangkis dari berbagai daerah di Riau mengikuti seleksi pra PON yang digelar Pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Riau dari tanggal 15-17 Februari 2023 di GOR HTT Pekanbaru.

Ketua Panitia Seleksi, Yulizar mengungkapkan, PBSI Riau diminta Pengurus Pusat PBSI untuk menyiapkan 7 atlet utama dan 7 atlet cadangan untuk didaftarkan sebagai calon peserta Pra PON yang akan dilaksanakan di Jawa Barat.

“Seleksi yang kita laksanakan selama tiga hari ini diikuti 17 atlet pria dan 10 atlet wanita. Mereka harus mengikuti pertandingan dengan sistem setengah kompetisi,” jelas pria yang akrab disapa Ahong ini.

Diterangkannya, berdasarkan rapat pleno pengurus yang dilaksanakan akhir bulan Januari lalu, diputuskan untuk memilih 14 atlet yang diminta PP PBSI tersebut dilakukan dengan dua cara. Pertama, ada atlet yang secara otomatis masuk dalam tim, yakni juara pertama di masing-masing nomor pada Pekan Olahraga Provinsi yang berlangsung di Kuansing bulan November 2022. “Sisanya baru dipilih melalui ajang seleksi Pra PON yang kita laksanakan saat ini,” jelas Ahong.

Untuk nama-nama atlet yang diundang untuk mengikuti seleksi, selain harus memiliki KTP dan domisili di Riau juga harus memiliki prestasi di kejuaraan tingkat provinsi dan nasional.

“Dari seleksi ini nantinya akan dipilih 2 orang tunggal putra dan 2 orang tunggal putri, yakni juara 1 dan juara 2, satu pasangan ganda putra dan satu pasang ganda putri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Binpres PBSI Riau, Feriyandi menjelaskan, seleksi atlet Pra PON ini diselengarakan secara terbuka dan transparan sesuatu aturan yang disepakati PBSI Riau.

“Para atlet bulu tangkis yang nantinya terpilih tentu akan kita persiapkan pelatihan lanjutannya agar mereka benar-benar siap untuk mengikuti ajang Pra PON. Kita berharap para atlet berjuang sungguh-sungguh untuk nantinya dapat menorehkan prestasi yang membanggakan daerah,” pesannya.

Dari pantauan di GOR HTT, tampak para atlet yang mengikuti seleksi berjuang keras untuk memenangkan pertandingan. Kemampuan yang cukup seimbang membuat pertandingan berlangsung ketat dan harus melewati babak rubber set. Sejumlah orang tua dan kerabat atlet juga tampak antusias memberikan dukungan kepada putra-putrinya.

Lap : Vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru