oleh

KPU Tegaskan Lakukan Koordinasi dengan Pihak Terkait, Jelang Tahapan Pencalonan Pilkada 2024

Pekanbaru, Detaksatu.com : Anggota KPU RI, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Idham Kholik meminta KPU Kabupaten kota se- Provinsi Riau agar segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengoptimalkan pelaksanaan tahapan pencalonan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Idham Kholik saat memberikan materi dalam Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang digelar KPU Provinsi Riau, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (10/7/2024).

“Regulasi terkait pencalonan sudah ditetapkan. Rekan-rekan KPU Provinsi maupun Kabupaten/kota silakan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apakah melalui rakor atau audiensi. Karena tahapan pencalonan merupakan salah satu tahapan krusial yang melibatkan sejumlah pihak seperti Disdukcapil, dinas pendidikan, kepolisian, kejaksaan dan instansi terkait lainnya,” ujar Idham.

Idham juga mengingatkan KPU Provinsi maupun Kabupaten Kota agar berhati-hati dalam melaksanakan proses tahapan pencalonan. Baik itu terkait persyaratan pencalonan maupun syarat calon yang harus dipenuhi para kandidat. Untuk menghindari munculnya potensi sengketa.

“Jadi rekan-rekan harus berhati-hati, teliti dan cermat dalam memahami peraturan. Baik itu terkait persyaratan pencalonan maupun syarat calon yang harus dipenuhi pasangan calon. Jangan sampai keputusan yang diambil menimbulkan potensi sengketa. KPU tidak hanya dituntut professional, tapi juga menjalankan prinsip akuntabilitas dalam bekerja,” ujar Idham.

Sementara Ketua KPU Provinsi Riau yang diwakili oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nahrawi dalam sambutannya saat pembukaan acara mengatakan bahwa rapat koordinasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada peserta rakor terkait peraturan regulasi tentang pencalonan.

“Melalui rakor ini kita berharap ada persepsi yang sama dalam memahami regulasi dan proses pencalonan kepala daerah, agar berjalan lancar, transparan dan sesuai peraturan yang berlaku,” jelas Nahrawi.

Dia mengharapkan kepada seluruh peserta rakor agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, mengingat tahapan pencalonan tinggal satu bulan lagi. “tahapan pendaftaran dan penelitian persyaratan pasangan calon akan dimulai pada 27 Agutus 2024. Untuk itu kawan-kawan KPU Kabupaten/kota harus sudah mempersiapkan diri menghadapi tugas berat ini,” jelas Nahrawi.

Selain dari KPU RI, KPU Provinsi Riau juga menghadirkan narasumber lainnya dari unsur Polda Riau dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Tampak juga hadir dalam kegiatan Rakor Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, Anggota KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, Abdul Rahman dan Supriyanto serta Anggota KPU dari Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Divisi Hukum dan Pengawasan serta Kasubbag Tekmas dari 12 kabupaten kota se- Riau.

Berikut jadwal tahapan pencalonan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota:

24-26 Agustus 2024 Pengumuman pendaftaran
27-29 Agustus 2024 Pendaftaran Pasangan Calon
27 Agus- 2 Sep 2024 Pemeriksaan Kesehatan
29 Agus- 4 Sep 2024 Penelitian Administrasi
5 – 6 Sep 2024 pemberitahuan penelitian administrasi
6 – 8 Sep 2024 Perbaikan
6-14 Sep 2024 Penelitian Perbaikan
13-14 Sep 2024 pengumuman hasil
15 -18 Sep 2024 masukan/tanggapan masyarakat
15-21 sep 2024 klarifikasi
22 Sep 2024 penetapan Pasangan Calon

Lap : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru