oleh

Muscam LAMR Kecamatan Pasir Penyu, Terpilih Ketua MKA, H Agustiar Akhalik SP, Ketua DPH H Zulfardi SPdI

DETAKSATU, INHU – Pada hari Sabtu (24/9/2022) bertempat di Gedung Balai Adat Air Molek Kec Pasir Penyu – Inhu, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) secara resmi membuka Musyawarah Kecamatan (Muscam) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kecamatan Pasir Penyu, Kab Inhu.

Muscam LAMR ini selain langsung dihadiri oleh Ketum MKA, Datok Sri H Zulkipli Gani, Ketum DPH, Datok Sri Marwan MR, Sekum MKA Datok Ali Fahmi juga Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pasir Penyu seperti Kakan Kesbangpol Inhu, Camat, Polsek, Danramil, Lurah, Kades se Kec Pasir Penyu, serta para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Ketua Ormas, OKP, Mahasiswa, Perwakilan Pemangku Adat Kel/Desa yang ada di Kec Pasir Penyu.

Sekapursirih dari Ketua DPH LAMR Kab Inhu Datok Sri Marwan MR menjelaskan, Karena amanah yang diemban sebagai Ketua dan pengurus mengandung makna dan konsekuensi bahwa kita hendaknya mampu menjunjung adat dan martabat Melayu.

“Kabupaten Inhu terdapat berbagai macam suku dan agama, untuk itu sangat diminta ketokohan dan ketauladanan dari para pengurus LAMR Ini,” ulasnya.

Pada intinya Datok Marwan berharap, semoga LAMR Pasir Penyu ini dapat menjadi payung dan pemersatu untuk saling bahu membahu bersame-same dengan paguyuban kesukuan lainnya untuk bersama-sama ikut membangun Kabupaten Inhu menjadi lebih baik lagi.

“Kembang di Taman Mekar Mewangi
Terus Disiram Agar Tak Layu
Jaga Amanah dan Kepercayaan ini
Sesuai Adat Istiadat Orang Melayu.

Diakhir sambutan Datok Marwan MR minta Ketua MKA Datok Sri Adat H Zulkipli Gani diminta untuk membuka Muscam LAMR Kec Pasir Penyu.

Dalam sambutannya saat membuka secara resmi Muscam LAMR Pasir Penyu Datok Seri Amanah Adat H Zulkipli Gani menyampaikan bahwa atas nama ketua MKA LAMR Inhu ia memberikan apresiasi kepada yang menerima Mandat dan Panitia Muscam atas terselenggaranya muscam pemilihan ketua DPH dan MKA LAMR Pasir Penyu ini.

“Semoga yang terpilih merupakan orang yang terbaik dan dapat membawa kebesaran untuk kemajuan LAMR di Air Molek,” harapnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu juga ia mengatakan bahwa LAMR merupakan sebuah organisasi yang pastinya memiliki tujuan dan cita-cita yang akan dicapai, maka dari itu untuk mencapai tujuan tersebut organisasi membutuhkan pemimpin yang dapat menyusun strategi yang akan dicapai sebagai mana tunjuk ajar melayu.

“Adat rumah ada tuannya, Adat kampung ada penghulunya, Adat ke Negeri ada Rajanya,” ucapnya disambut riuh tepuk tangan peserta muscam yang hadir.

H Zulkipli Gani berharap Kepada yang terpilih nantinya sebagai ketua DPH dan MKA serta para pengurus LAMR Pasir Penyu untuk dapat bekerja sesuai dengan program yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjadi suri tauladan bagi masyarakat. tutup Ketum MKA LAMR Inhu.

Setelah muscam dibuka dilanjutkan dengan sesi kedua sesuai AD/ART LAMR, Muscam pimpinan sidang dipimpin langsung oleh Sekum MKA LAMR Inhu, Datok Ali Fahmi didampinggi Perwakilan satu orang ketua demisioner dan satu orang perwakilan pemangku adat dari Desa dan Kelurahan se Kec Pasir Penyu

Setelah melalui proses yang alot karena banyak yang intruksi dari peserta sidang yang memberikan masukan serta tehnis proses pemilihan Ketua MKA dan DPH, akhirnya timbul kesepakatan menginggat waktu sudah larut sore sekira pukul 16.40 Wib peserta sidang sepakat karena calon Ketua MKA dan DPH siap dipilih pimpinan sidang mengikuti kesepakatan bersama peserta memakai pola ditunjuk langsung.

Maka semua peserta muscam LAMR Pasir Penyu sepakat memilih Ketua Dewan Kehormatan, Datok Arifudin Akhalik, Ketua MKA H Agustiar Akhalik SP dan DPH H Zulfardi SPdI.

Setelah ditetapkan Ketua DK, Ketua MKA dan Ketua DPH LAMR Pasir Penyu langsung digelar pengukuhan oleh Ketum MKA dan Ketum DPH LAMR Inhu.

Alhamdulillah selama digelar Muscam dari awal dibuka dan hingga sepakat dikukuhkan stuasi keadaan aman dan lancar tanpa ada terjadi hal yang tidak diinginkan. (LAPORAN FAUZI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru