oleh

MKA dan DPH LAM Riau Hadiri Majelis Penobatan Batin dan Penghulu di Kabupaten Pelalawan

Pelalawan, Detaksatu : Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) yang diwakili wakil sekretaris Dewan Pimpinan Harian (DPH) Datuk Firman Edi, Majelis Ketua Adat (MKA) Datuk Said Amir Hamzah, dan Datuk Bakri H. Karim, menghadiri “Majelis Penobatan Batin dan Penghulu Masyarakat Hukum Adat Kabupaten Pelalawan”, di Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Sabtu (17/09/2022) Siang.

Acara ini merupakan dari salah satunya adat istiadat perbatinan dan kepenghuluan di Kabupaten Pelalawan, dan ini merupakan perisai penjaga marwah masyarakat adat terkhusus di Pelalawan.

Selain itu, Ini merupakan ragam dan kekayaan mengenai adat istiadat di Riau yang sangat luar berkaitan dengan adat istiadat di Riau.

Datuk Firman Edi yang mewakili Ketua Umum DPH Datuk H. Taufik Ikram Jamil mengapresiasi acara yang dilaksanakan LAMR Kabupaten Pelalawan.

“Ini merupakan dari membangkitkan marwah adat para batin dan penghulu di Kabupaten Pelalawan,” kata Firman Edi.

Ia menambahkan, Provinsi Riau sangat kaya dengan keberagaman adat istiadat dan ini patut kita apresiasi apa yang telah dilakukan oleh LAMR Kabupaten Pelalawan,

“Dengan keberagaman adat istiadat ini menunjukkan bahwa Provinsi Riau adalah daerah yang sangat bermarwah dan beradat, untuk itu mari kita bersama sama menjujung tinggi adat istiadat ini, agar pengaruh negatif dari luar dapat dihindari,” ujarnya.

Selain itu, untuk anak kemenakan sebagai pagar negeri harus dapat menjujung tinggi adat kita ini. “Sebab Adat bersendi syarak dan syarak bersendi kitabullah,” pungkas Datuk Firman Edi.

Tampak hadir Gubernur Riau yang diwakili oleh Datuk Raja Yose Rizal zen (Kadis Kebudayaan Prov. Riau) dan Bupati Pelalawan Datuk Seri H. Zukri Misran.

Editor : Vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru