oleh

LAMR Pasir Penyu Gelar Festival Dan Seminar Semarakkan Bulan Bahasa Tahun 2022

INHU, DETAKSATU.COM –LAMR Kecamatan Pasirpenyu dari hasil Musyawarah Cabang III Tangga (22 September 2022) yang telah dilakukan pelantikan Pengurus LAMR Pasirpenyu mengamanahkan kepada Datuk H Agustiar Ahalik SP Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Datuk H Zulfardi Azzahri S PdI sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) yang dikukuhkan oleh Pengurus LAMR Inhu disaksikan oleh LAMR Provinsi Riau.

Program perdana pengurus LAMR Pasirpenyu pada hari Kamis (24 September 2022) LAMR Kecamatan Pasirpenyu Semarakkan Bulan Bahasa 2022 di Gedung Balai Adat Air Molek.

LAMR menggelar Seminar dan Festival dalam menyemarakkan Bulan Bahasa yang bekerja sama dengan Lembaga “Annisa” Bimbel Madani Tanjunggading Airmolek.

Acara yang dibuka oleh Ketua Umum DPH Datuk H Zulfardi Azzahri S PdI diawali dengan Tari Persembahan dari Sanggar Kesenian SMAN 1 Pasirpenyu dan penampilan Rebana dari Perkumpulan Ibu Ibu Kelurahan Tanjunggading.

Setelah acara pembukaan dimulai dengan perlombaan Fashion Show tingkat SD dan lomba pembacaan Asmaul Husna tingkat TK.

Narasumber pembicara Seminar Henny Herfianty Isfia, SIP MSi dari Rengat, Dosen, Guru-Guru pendamping lomba mulai tingkat TK, SD, SMP sampai SLTA serta beberapa tokoh masyarakat. se Kec Pasirpenyu.

Pantauan Awak Media di Gedung Balai Adat Airmolek cukup antusias para orangtua utusan perwakilan sekolah mendampingi anak-anak mereka mengikuti lomba mewarnai mulai tingkat TK, Anima dan Mading bagi siswa tingkat SLTA melengkapi rangkaian acara Festival yang digelar serentak dengan Seminar Bahasa yang mengangkat Tema Literasi Budaya Generasi Zaman Now.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kec Pasirpenyu H Zulfardi Azzahri S Pdi. Dalam sambutan sekaligus sebagai penyampai Materi Literasi Budaya, Datuk Edi. menekankan pemaknaan istilah Literasi sebagai bentuk lain berbahasa yang erat kaitannya dengan Budaya.

Budaya yang melekat dengan orang menjadi kebiasaan yang dipakai dalam kehidupan sehari hari.

Secara seloroh beliau meminta audiens untuk menterjemahkan tema yang diangkat karena kata yang digunakan bercampur dengan bahasa asing.

Masih kata Mantan Dewan Inhu itu, Literasi itu bahasa Indonesia tapi sudah ilmiah sementara Generasi Zaman “Now” Now itu bahasa inggris kenapa bercampur dengan bahasa Indonesia, seharusnya “Zaman Kini” akan lebih tepat.Singkat Ketua DPH LAMR Pasirpenyu itu.

Selanjutnya Narasumber kedua Henny Herfianti Isfia MSi yang juga tokoh perempuan Indragiri Hulu yang banyak perkiprah di Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu menjelaskan tema Literasi Publik atau (Publik Speaking) , kemampuan berbicara di depan umum tidaklah dimiliki setiap orang.

Apakah Publik Speaking adalah bakat. Setiap kita punya bakat yang sama untuk berbicara, tinggal bagaimana orang tersebut mengembangkannya, caranya dengan latihan dan memperbaiki diri secara terus menerus.

Menurut bunda Henny yang aral melintang di dunia keprotokalan di Pemerintahan Inhu tambahkan, seorang yang selalu tampil di publik akan beda bahasa menyesuaikan lawan atau audien yang dihadapinya.

Kepada peserta seminar yang terdiri dari perwakilan Siswa SLTP, SLTA se Pasirpenyu dan Mahasiswa dari STAI Nurulfalah dan STKIP Insan Madani Airmolek memberikan trik-trik berbicara di muka publik sehingga pesan dan tujuan dapat disampaikan sesuai dengan keinginan, Jelasnya.

Di sela-sela acara Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Pimpinan “Annisa Bimbel Madani” Sri Andrafita MPd menyampaikan terima kasih kepada Pengurus LAMR Kecamatan Pasirpenyu sekaligus apresiasi atas partisipasi dan gebrakan awal setelah pengurus LAMR dilantik dengan kegiatan Seminar dan Festival ini.

Dilanjutkan oleh Ibu Sri Andra Fita MPd yang aktif sehari hari sebagai guru Bahasa Indonesia di SMAN1 Pasirpenyu menambahkan, sangat berterima kasih serta memberika apresiasi mudah mudahan kedapan semua pihak baik tenaga pendidik di Lembaga Bimbel, Para Kepala Sekolah dan Guru-guru pembimbing dan pendamping, keluarga dan orangtua para peserta, para Donatur dan simpatisan yang tak tampak di publik.

Atas Partisipasi atas pemikiran serta suportnya mudah-mudahan menjadi amal kabajikan dan akan menjadi agenda rutin setiap tahun nya untuk menyemarakkan Bulan Bahasa,

“Diakhir sambutan serta menutup dengan menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang lomba nantinya mudah mudahan tetap berprestasi selalu mengharumkan nama sekolah dan tempat belajar mereka,”tutup Sri.

Selama berbagai kegiatan Seminar dan Festival berlangsung dari awal hingga berakhir stuasi dalam keadaan aman dan kondusif. (LAPORAN FAUZI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru