oleh

Cegah Antrian Panjang, Hendra: Kita Terapkan Sistem Sanitary Landfill

Pekanbaru, Detaksatu : Permasalahan Sampah di Kota Pekanbaru saat ini sudah mulai terselesaikan satu persatu. Dapat kita ketahui beberapa waktu lalu pemasalahan sampah di Kota Pekanbaru sempat viral. Karena terjadinya penumpukan sampah dimana-mana.

Untuk menyelesaikan permasalahan sampah tersebut, sesuai intruksi Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT melalui Sekdako, Muhammad Jamil kepada kabid pengelolaan Sampah DLHK kota Pekanbaru, Hendra Afriadi maka Langkah cepat menyelesaikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar. Karena sebelum nya Sampah di TPA dalam keadaan menggunung sehingga pembongkaran sampah di TPA terkendala dan antrian panjang terjadi.

Menurut Kabid Pengelolaan Sampah DLHK, Hendra Afriadi SH Msi, Jumat (12/02/2021), mengatakan bahwa permasalahan sampah selama ini muaranya pada TPA. “TPA adalah sarana vital pengelolaan sampah di kota Pekanbaru. Sebab terlambatnya armada angkutan sampah dikarenakan antrian panjang di lokasi. Oleh karena itu, kita harus benahi dulu dari TPA agar tidak ada keterlambatan armada untuk mengangkut sampah,” ujarnya.

Dikatakan nya lagi, saat ini kondisi TPA Muara Fajar sudah sangat berubah. “Kondisi saat ini di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Muara Fajar sangat berbeda dari sebelumnya. Saat ini sampah di TPA sudah rata dan armada yang membongkar sampah sudah tidak perlu antrian lagi,” ujar hendra yang baru sebulan di lantik ini.

Menurutnya lagi, sesuai dengan intruksi Walikota Pekanbaru maka kedepannya pihaknya akan menerapkan sistem sanitary landfill pada Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Muara Fajar ini agar efektif dan efisien.

“Sistem  metode Sanitary Landfill merupakan sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah,” jelas Hendra.

Hendra berharap dengan dukungan semua pihak permasalahan sampah di kota Pekanbaru bisa diatasi di masa transisi ini. “Kita sangat berharap dengan dukungan semua pihak agar permasalahan sampah bisa kita atasi dimasa transisi ini. Kemudian dengan lancarnya bongkar di TPA ini mempercepat “ritase” pengangkutan sampah di kota Pekanbaru ini,” tutup nya.

Laporan : vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru