oleh

Wali Kota Firdaus Sebut Januari Pasar Wisata Jalan Agussalim Mulai Beroperasi

Pekanbaru, Detaksatu : Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST, MT mengungkapkan Pasar Wisata dan Kuliner di Jalan Agussalim Pekanbaru akan mulai beroperasi mulai Januari 2022 yang akan datang.

Saat ini, Pemko Pekanbaru, sebut Wali Kota Firdaus, masih dalam proses pembenahan. Namun, sesuai dengan rencana, awal Januari, sudah mulai beroperasi.

Itu diungkapkan Firdaus selepas meninjau Bazar UMKM yang dilaksanakan LPM Kelurahan Sidomulyo Barat di Ramayana Panam Square Pekanbaru, Rabu (8/12/2021).

Dijelaskan Wali Kota, nantinya, kawasan di sekitar Agussalim, HOS Cokro, Jalan Kopi dan Jalan Cengkeh akan dijadikan sebagai episentrum dari pusat bisnis baru di Kota Pekanbaru.

”Saat ini masih tahap penataan, kita rencanakan Januari awal sudah mulai beroperasi,” kata dia.

Firdaus juga menjelaskan, nantinya, kawasan Agussalim akan dikelola dalam tiga aktivitas waktu.

”Mulai dinihari hingga pukul 08.00 WIB itu menjadi pusat grosir, pedagang sayuran, kebutuhan harian. Selajutnya mulai pukul 08 hingga 17.00 WIB ruas Agussalim akan digunakan sebagai ruang publik, dalam hal ini termasuk untuk mendukung aktivitas warga, pejalan kaki. Kemudian juga untuk warga yang mencari keperluan di pasar tradisional, pasar grosir, pusat perdagangan, jadi benar-benar koridor itu, Agussalim, kopi, cengkeh, Cokro akan menjadi episentrum ekonomi kita,” kata dia.

Adapun sore hingga tengah malam, dijelaskan Firdaus akan diperuntukkan bagi pasar wisata. ”Ada kuliner, ada juga ada sovenir, juga ada produk ekonomi kreatif. Intinya pasar wisata itu untuk kita melakukan ekonomi khususnya ekonomi kreatif dan juga bisa benar-benar membuat tempat yang punya standar untuk pasar wisata,” ungkap Firdaus.

Khusus untuk pasar wisata, dijelaskan Firdaus, pedagang nantinya akan berjualan menggunakan tenda yang disediakan seragam.

Untuk mengelola pasar wisata itu, sebut Firdaus, pihaknya bekerja sama dengan Lembaga pemberdayaan Masyarakat (LPM).

”Jadi nanti LPM akan bersinergi dengan masyarakat setempat, khususnya generasi muda. Kita ingin nanti akan lahir para enterpreneur-enterpreneur muda disana,” kata dia.

Laporan : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru