oleh

LPM Sawahlunto Study Komperatif ke LPM Pekanbaru

Pekanbaru, Detaksatu : Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pekanbaru menerima kunjungan study komperatif rombongan LPM Kota Sawahlunto, Jumat (26/11/2021) lalu.

Rombongan disambut Kadis DP3A-PM Chairani, Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko dan jajaran, pengurus LPM Kecamatan di aula lantai 6 Perkantoran Wali Kota Pekanbaru Tenayan Raya.

Kunjungan study komperatif ini dilakukan merupakan kunjungan balasan atas kunjungan perwakilan DPD LPM Kota Pekanbaru dalam rangka studi tiru beberapa waktu lalu ke Kota Sawahlunto.

Kunjungan yang dipimpin langsung Ketua DPD LPM Sawahlunto, Nurilman didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Keli Sayekti, Kasi kelembagaan Yul Efrina, yang juga diikuti jajaran camat dan lurah se Kota Sawahlunto ini juga sekaligus dalam upaya melihat sejauh mana LPM dapat mengambil peranan bersama pemerintah daerah, khususnya di Kota Pekanbaru.

Nurilman, dalam penjelasannya mengaku sangat apresiatif dengan eksistensi dan peran yang dijalankan LPM Kota Pekanbaru sejauh ini.

Dia pun mengakui sangat bangga, melihat sinergi yang bisa dibangun oleh LPM Pekanbaru dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam ikut secara bersama-sama membangun daerah.

”Apa yang kami dapati ini sungguh sebuah pengalaman berharga yang layak untuk menjadi studi tiru bagi LPM di Sawahlunto untuk juga bisa dilaksanakan,” kata dia.

Dijelaskan Nurilman, sinergi antara LPM dengan pemerintah juga stake holder lainnya adalah kunci dari peran LPM dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Karena itulah, sebut dia, apa yang telah dilaksanakan di Kota Pekanbaru ini adalah hal yang patut untuk dicontoh dan ditiru.

Nurilman juga mengungkapkan, dalam aktivitasnya, LPM di Sawahlunto selain bersinergi dengan pemerintah daerah, juga membangun sinergi bersama stake holder, dalam hal ini perusahaan.

”Kita tak mungkin menggantungkan diri pada kemampuan pemerintah. karena itulah, untuk daya dukung, LPM Sawahlunto juga menggandeng perusahaan, yakni PT Bukit Asam.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Pekanbaru, Sarjoko yang saat itu juga didampingi Kebid Pemberdayaan Andriani, Sekretaris LPM Alizar mengungkapkan LPM di Pekanbaru sejauh ini terus berupaya ikut mendukung program pembangunan yang digagas oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

LPM, sebut Sarjoko, juga terlibat dalam banyak aktivitas sosial, pemberdayaan ekonomi dan kemasyarakatan.

Sarjoko menjelaskan, inti dari seluruh aktivitas tersebut adalah ikut membantu pemerintah membangun keberdayaan masyarakat.

Salah satu aktivitas yang mendukung kemajuan ekonomi saat ini yang dikelola oleh LPM adalah Pusat Kuliner.

”Kita mendapatkan kepercayaan dari pemerintah kota untuk menggarap pasar kuliner di sejumlah kecamatan. Saat ini sedang kita garap dan dalam proses percepatan,” kata dia.

LPM juga mengelola Pusat Kuliner Tugu Keris yang saat ini juga menjadi salah satu ikon kuliner kota Pekanbaru.

”Pengelolaannya tidak oleh DPD. Tapi oleh DPC LPM kecamatan. Jadi, kita inginpengurus LPM di Kelurahan, kecamatan bisa berdaya, kuat secara ekonomi, dan bisa menyokong kemajuan ekonomi masyarakat di wilayahnya dari usaha kuliner tersebut,” kata Sarjoko.

Selain itu, dia juga mengungkapkan LPM aktif dalam sejumlah kegiatan sosial, termasuk mendukung kelancaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 maupun donor darah.

Bahkan, untuk vaksinasi, sebut Sarjoko, LPM terlibat pada masa-masa awal untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi. ”Intinya, kita berbuat membantu pemerintah,” ungkap dia.

Laporan : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru