oleh

Hampir 1 Minggu RPK PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Bantu Padamkan Api Karhutla

Bunut, Detaksatu : Ketika Provinsi Riau sedang sibuk-sibuknya menangani Covid-19 dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diberbagai daerah, Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) kembali terjadi di Riau, kali ini tepatnya di Desa Sei. Buluh Kecamatan Bunut dan di Parit Beringin Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan-Provinsi Riau sejak tanggal 26 Juli 2021 lalu sampai saat ini.

Kedua lokasi Karhutla yang berada diluar Konsesi Perusahaan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas langsung mendapatkan bantuan penanganan dari RPK (Regu Pemadam Kebakaran) PT Arara Abad-APP Sinar Mas bersama dengan TNI/Polri, Manggala Agni serta Anggota (MPAMasyarakat Peduli Api) yang di bina PT AA-APP Sinar Mas yang juga ikut serta melakukan pemadaman yang diduga lahan masyarakat tersebut.

Menurut Zona manager Area Selatan RPK PT AA-APP Sinar Mas, Richard S, didamping Syafrita FM (Fire Marshal) Distrik Sorek (28/07/21) kepada media menjelaskan: “Tak henti-hentinya sejak tanggal 23/07 lalu tim RPK kita memadamkan Karhutla diluar konsesi kita di beberapa Desa di Kabupaten Pelalawan, sudah 3 Kejadian Kebakaran di luar konsesi kita berjarak sekitar 4,8 Km dari batas luar konsesi Perusahan PT Arara Abadi Distrik Merawang di daerah Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti.

Pertama: Tanggal 20/07 di Merawang Desa Pulau Muda sehingga kita dapat menyelamatkan 1 rumah penduduk yang diduga milik pemilik lahan, yang Kedua Tanggal 26/07 kembali terjadi di Merawang Desa Pulau Muda, Yang Ketiga Tgl.27/07 di Parit Beringin Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Kesemua lokasi karhutla yang berada di Kecamatan Teluk Meranti sudah padam dan tinggal pendinginan”. Demikian Richard menyampaikan.

“Sementara Karhutla yang berada diluar konsesi sekitar 2,2 km dari batas luar konsesi PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Distrik Sorek di Desa Sei. Buluh Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan, sudah berlangsung sejak Selasa Tgl 27/07/2021 kemarin, saat ini masih dalam bantuan penanganan tim RPK dan MPA kita,TNI/Polri, Manggala Agni dan RPK perusahaan dari PT Adei, juga masyarakat, kesemua lokasi karhutla ini sudah diketahui oleh aparat setempat, biarlah pihak kepolisian melakukan penyelidikan,” ungkap Richard.

Sementara itu Syafrita FM Distrik Sorek menambahkan, untuk Karhutla di Desa Sei Buluh-Bunut yang berada sekitar, 2,2 km dari batas luar konsesi PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Distrik Sorek , sudah terpantau oleh kita pada selasa kemarin tanggal 27/07/2021 Pukul 12.45 Wib oleh Tim Patroli RPK dari Fire Tower (Menara Api) di Desa Sei. Buluh, kita mulai langsung lakukan pemadaman sejak pukul 14.55 Wib.

“Kita melihat vegetasi tanaman adalah sawit dan semak belukar. Kita menurunkan Personil 1 Regu (10 orang) Tim RPK, Security Perusahaan kita serta MPA yang kita bina, peralatan juga kita turunkan termasuk fFre truck, sampai malam kemarin api sudah contained (tersekat) sekitar 60%, dan hari ini kita bersama tim lainnya juga akan bantu kembali, mudah-mudahan api segera padam,” tambah Syafrita

Pada kesempatan terpisah KaBabinkamtibmas (Kepala Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Polsek Bunut, Desa Sei Buluh Kecamatan Bunut Bripka Cannon mengapresiasi bantuan pemadaman Karhutla di Desa Si Buluh yang diberikan oleh Perusahaan.

“Kami mewakili Kapolsek Sei Buluh dengan ini mengucapkan terimakasih kepada tim RPK PT Arara Abadi, dan MPA serta tim lainnya, yang telah membantu memadamkan api Wilayah Desa Sungai Buluh Kecamatan Bunut,” tutur Bripka Cannon.

Senada dengan Babinkamtibmas, Kepala Desa (Kades) S. Buluh Kecamatan Bunut Awaludin meyampaikan terimakasih kepada semua pihak dan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada perusahaan PT Arara Abadi, khususnya kepada Tim RPK PT Arara Abadi yang telah membantu pemadaman Karhutla pada lahan masyarakat Desa Sungai Buluh, pada kesempatan ini juga saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak ada terulang lagi kebakaran di wilayah Desa Sungai Buluh,” pungkas Kades Awaludin.

Laporan : Vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru