oleh

Sinergisitas Bengkalis Dumai Garap Pulau Ketam dan Pulau Payung Rupat

Dumai, Detaksatu : Di dukung lokasi yang super strategis dan daya pikat kemolekan pantai dan ramah tamah warga membuat pulau Rupat menjadi primadona untuk dijadikan destinasi wisata kelas dunia.

Sejauh ini kalayak ramai baru mengenal pantai pasir putih indah berpadu deburan ombak selat Melaka ditingkahi lambaian pepohonan hijau yang membentang dari Tanjung medang sampai pantai ketapang ditambah pesona Beting Aceh.

Perkembangan terkini muncul perbincangan 2 pulau yang tak kalah indah memikat hati dekat di depan mata hanya berjarak 1 km dari Dumai.

Pulau molek yang masih terpendam dari kabar keramaian itu adalah pulau Ketam dan pulau Payung.

Jika pulau ini dibuka tabir kemolekannya maka akan menambah banyak pilihan wisatawan untuk datang ke Rupat.

Jika punya waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan pemandangan pasir memanjang pergilah sepanjang bibir pantai pesisir utara menghadap riuhnya selat melaka yaitu Rupat Utara.

Dan kalau hanya punya waktu singkat maka nikmati pulau ketam dan pulau payung hanya butuh waktu 35 menit dari Dumai.

Sayangnya untuk kedua pulau ini belum digarap. Bersamaan dengan kedatangan menteri Siti Nurbaya Wako Dumai Faisal bersama Wabup Bengkalis Bagus Santoso bersepakat untuk dibahas bersama dengan melibatkan semua pihak dan sektor untuk memanfaatkan potensi alam nan indah dengan memadukan lingkungan dan pemberdayaan potensi lainnya.

Diakui Wabup Bengkalis Bagus Santoso Pulau Rupat yang masuk wilayah kabupaten Bengkalis setakat ini dari Pekanbaru   akses jalan terkini paling  cepat melalui jalan tol Pekanbaru Dumai.

Praktis setiap orang yang datang ke Rupat singgah dulu di Kota Dumai.

“Tak salah jika ada yang menyebutkan untuk memajukan Rupat juga harus seiring membangun Dumai. Dumai ini ibarat anak Bengkalis” imbuh Bagus Santoso

Tidak hanya Bengkalis Pemko  Dumai juga menaruh perhatian kuat untuk kemajuan pembangunan khususnya wisata pulau Rupat.

Hal tersebut disampaikan Wako Dumai Faisal disela sela acara bersama Menteri Siti Nurbaya. “Maka perlu kerjasama erat antara dumai dan Bengkalis lebih” ujar Faisal.

Harapan yang sama ditegaskan oleh anggota DPRD Dumai Sutrisno bahwa tak dapat dipungkiri Dumai dan Bengkalis mesto kerujasama dan saling mendukung.

Sementara itu Wabup Bengkalis Bagus Santoso merasa bersyukur atas kehadiran menteri Siti Nurbaya yang tidak hanya fokus Dumai namun juga respon dan perhatian istimewa terhadap kemajuan pulau Rupat.

“Dari kunjungan menteri siti nurbaya ada hal yang sangat menarik yaitu menggarap potensi pulau Ketam dan pulau payung yang berdekatan dengan Dumai” kata Wabup yang dikenal gerak cepatnya dalam melayani rakyatnya.

Lebih lanjut dikatakan Bagus Santoso direncanakan Pemko Dumai dan Pemkab  Bengkalis, Pemprov Riau dan pemerintah pusat akan secepatnya  untuk memetakan potensi yang ada.

Berkaitan itu Wabup Bengkalis Bagus Santoso menaruh harapan besar dengan kedatangan menteri Siti Nurbaya akan secepatnya melakukan aksi kongkrit garap pulau Rupat. Dengan sinergitas semua level pemerintah swasta dan masyarakatnya.

Laporan : vie/JMSI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru