oleh

Enam Mahasiswa Jerman Berkunjung ke Agrowisata UIR

Pekanbaru, Detaksatu.com :  Agrowisata Universitas Islam Riau telah berkembang menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang memberi kenyamanan dan ketenangan bagi mahasiswa. Selain kawasannya luas, di agrowisata ini terdapat pula beragam tanaman dan ikan yang bikin fikiran tenang.

Salah satu yang menjadi daya tarik agro ini adalah pohon anggur dan buah lengkeng yang sering digunakan mahasiswa untuk selfie. Suasana tenang dan nyaman itu pula yang dirasakan enam mahasiswa Fachhochschule Dortmund dan Universitat der Bundeshwehr Munchen Jerman ketika berkunjung ke Agrowisata UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Riau pada Rabu siang [20/09 2023]. Keenam mahasiswa itu masing-masing Dery, Fatimah, Michael, Beerit, Fadi dan Melina.

Menurut Wakil Rektor III Dr Admiral, keenam mahasiswa tersebut sedang mengikuti program visiting atau summer school trip DLSI (Digitalisation in Law and Society in Indonesia) selama satu minggu di Universitas Islam Riau sejak 17 September 2023.

Summer School Trip merupakan salah satu kegiatan yang berada dibawah program DLSI, dan dibiayai oleh DAAD (German Academic Exchange Service). Usai melaksanakan summer school, kata Admiral, mereka akan melanjutkan kegiatan di Surabaya. ”Focus kegiatannya adalah trip visiting ke kampus di Indonesia. Salah satunya di UIR,” kata Admiral.

Keenam mahasiswa itu tiba di agrowisata UIR pukul 14.35 wib. Mereka disambut Wakil Rektor III Admiral, Pengelola Agrowisata Prof Dr Thamrin S SH MHum, Dekan FKIP Dr Miranti Eka Putri SPs MEd, Wakil Dekan II Dr Hj Nurhuda, Wakil Dekan III Drs Daharis MPd. Juga Wakil Dekan I Fakultas Hukum Dr Rosyidi Hamzah SH MH.

Kepada mahasiswa Jerman, Prof Thamrin memperkenalkan kawasan agrowisata yang berdiri sejak tiga tahun lalu. Kini mengalami perkembangan yang signifikan. Jumlah kunjungan ke agro pun meningkat. ”Mulai dari anak-anak TK, SD sampai mahasiswa baik di dalam lingkungan lembaga pendidikan YLPI maupun di luar YLPI, termasuk masyarakat telah berkunjung ke agrowisata ini,” kata Thamrin.

Kawasan agrowisata ini, ulas Thamrin, cukup luas. Beberapa jenis tanaman yang tersedia juga sudah dapat dipetik buahnya. Seperti lengkeng, jambu dan lain-lain. Termasuk ikan. Tersedia ikan patin, gurami, lele dan nila. Tanaman maupun ikan dikembangkan di agro sebagai edukasi bagi siapapun yang berkunjung ke kawasan wisata UIR ini. Di sini juga tersedia ilmu yang bisa ditransformasikan kepada pengunjung baik ilmu tentang tanaman maupun ilmu di bidang perikanan.

”Kami mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa-mahasiswa dari Jerman. Semoga suasana di agrowisata ini membuat anda semua merasa nyaman dan tenang,” ungkap Thamrin.

Fatimah dari Jerman pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Islam Riau yang sudah memberi pelayanan terbaik kepada dirinya dan kawan-kawan. ”Kami senang berada di universitas ini, dan juga sangat senang diajak ke kawasan ini. Terima kasih, terima kasih,” ujar Fatimah singkat.

Lap : Vie/relis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru