oleh

Ketum LPTQ Riau Apresiasi Kabupaten Meranti Juarai Cabang di MTQ ke XL Riau

Rohil, Detaksatu ; Penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 telah ditutup Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, di Bagansiapiapi, Rohil, Riau, Jumat (29/07/2022) Malam.

Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022. Akan tetapi, dari semua pelaksanaan MTQ ada hal yang menarik dan menjadi perhatian bagi LPTQ Riau di setiap cabang yang dilombakan. Hal itu di lihat dari Kabupaten Meranti dimana Kepala Daerah nya tidak merestui keberangkatan untuk mengikuti perlombaan MTQ XL di Rohil.

Walaupun tidak direstui, Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan hasil yang membanggakan bagi daerah nya dengan menjuarai beberapa cabang yang dilombakan, dan meraih nilai 26 poin di urutan ke 7 (tujuh) untuk tingkat MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022, di Bagansiapiapi, Rohil, Riau.

“Kita memberikan apresiasi pada Qori dan Qoriah dan LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti dengan memberangkat 7 orang peserta, dan 4 orang peserta menjuarai beberapa cabang dari juara 1, 2 (dua orang), dan juara 1 (harapan satu orang),” kata Ketua Umum LPTQ Riau H. Ahmad Syah Harrofie, SH., MH., Sabtu (30/07/2022).

Mantan Sekda Pj. Sekdaprov Riau ini berharap kedepan tidak ada lagi Kepala Daerah untuk tidak merestui keberangkatan bagi Qori dan Qoriah untuk mengikuti ajang MTQ di Riau.

“Semua itu sudah dibuktikan oleh Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membawa penghargaan juara, walaupun mereka tidak menempati di posisi 5 besar,” ujar Ahmad Syah Harrofie.

Sebelumnya, Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti tidak direstui Bupati Muhammad Adil berangkat mengikuti MTQ Riau di Rohil. Pihaknya mendapat kabar jika Bupati Kepulauan Meranti tidak memberi restu keberangkatan Kafilah, mereka akan berangkat ke Rohil untuk mengikuti MTQ Riau menggunakan anggaran pribadi.

Akan tetapi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau masih menganggap Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti masih sebagai peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XL tingkat Provinsi Riau, yang dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Ditutup Wagubri

Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) keluar sebagai juara umum, urutan kedua Kota Pekanbaru 58 poin, ketiga Kabupaten Bengkalis 54 poin, dan Kabupaten Kampar 34 poin, Siak 32 poin, Pelalawan 28 poin, Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu 26 poin, Kuansing 17 poin, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir 13 poin, terakhir Kota Dumai 12 poin.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution yang menutup pelaksanaan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 mengatakan, jika upaya untuk meningkatkan Provinsi Riau yang maju sangat bergantung kepada sumber daya manusia (SDM), karena itu semua pihaknya harus memiliki perhatian yang besar terhadap peningkatan SDM.

Dengan begitu, diharapkan sasarannya adalah terwujudnya SDM bertakwa, pekerja keras yang dinamis, terampil, memiliki pengetahuan ilmu teknologi dan berahlak mulia.

“Karena itu, peran masyarakat Islam yang mayoritas di Provinsi Riau sangat menentukan untuk mempersiapkan SDM yang unggul di Provinsi Riau. Untuk mempersiapkan unggul ini juga disebut dalam Alquran dan Hadist,” terangnya.

Editor ; Vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru