oleh

Wasev Karya Bakti Sterad Kunjungi Kodim 0301/Pekanbaru

Pekanbaru, Detaksatu : Komandan Kodim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Muh. Musafag menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Karya Bakti dari Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) di Ruang data Kodim 0301/Pekanbaru jalan Ahmad Yani No. 138 kota Pekanbaru. Kamis, 21 Oktober 2021.

Tujuan kunjungan Sterad tersebut untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Program Karya Bakti Semester II TA. 2021 yang dilaksanakan oleh Kodim 0301/Pekanbaru.

Tim Sterad diterima oleh Dandim 0301/Pekanbaru didampingi para Pasi Kodim 0301/Pekanbaru. Menerima paparan singkat tentang pelaksanaan program Karya Bakti Semester II TA. 2021 di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru yang disampaikan oleh Dandim 0301/Pekanbaru.

Dalam paparannya Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Muh.
Musafag mengucapkan selamat datang Tim Wasev beserta rombongan di Makodim 0301/Pekanbaru.

Dandim 0301/Pbr menjelaskan secara detail tentang pelaksanaan Karya Bakti, khususnya yang dilaksanakan sesuai Program pada Semester II TA. 2021 ini.

Adapun Progja Bidang Ter Semester II Ta 2021 yaitu kegiatan bakti kemandirian masyarakat, kegiatan pembinaan lingkungan hidup, progam masyarakat tanggap bencana, program KB Kesehatan dan kegiatan karya bakti TNI Satkowil. dan kegiatan Non progja bidang Ter Semester II Ta.2021 adalah Pembagian nasi bungkus untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 dan Kegiatan Donor darah dalam rangka HUT TNI.

Pengarahan Paban V/Bakti TNI Kolonel Inf I Kadek Subawa pada Wasev Program Bakti TNI Semester II TA 2021 mengatakan, Ucapan terimakasih kepada Dandim 0301/Pbr beserta staf yang telah menyambut dan menerima Tim Wasev dengan baik.

Adapun tujuan dilaksanakannya Wasev Bidang Bakti Semester II TA 2021 adalah Terlaksananya kegiatan Program Bakti TNI sesuai dengan petunjuk pelaksanaan program dan anggaran TA 2021, Mengukur kinerja satuan pelaksana dalam penyelenggaraan program bidang bakti TNI, diperolehnya saran dan masukan untuk pengembangan program Bakti TNI ke depan, diperoleh nya data tentang kendala yang menjadi faktor penghambat fotopenyelenggaraan kegiatan program Bakti TNI di satuan pelaksana, terlaksananya kesesuaian antara rencana program bakti TNI yang disusun oleh satuan dan realisasi di lapangan.

Saya sampaikan beberapa program terkait kegiatan bidang bakti semester II TA 2021 yang meliputi kegiatan, Pembinaan lingkungan hidup, Karbak Satkowil dan Sat Nonkowil, KB kesehatan, Bakti kemandirian masyarakat, pembinaan masyarakat tanggap bencana dan baksos 3T serta kumuh perkotaan.

Pada TA 2021 terdapat beberapa
pengembangan dan perubahan program bidang Bakti TNI antara lain di bidang operasi bakti yaitu
perubahan kegiatan penghijauan
menjadi pembinaan lingkungan hidup dimana kegiatan ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas yang tidak hanya terpaku pada penghijauan saja, namun dapat berupa kegiatan lain sesuai dengan tipologi wilayah satuan seperti penanganan limbah, pengolahan
sampah, revitalisasi sungai dan lain-lain.

Di bidang Karya Bakti TNI baik Satkowil maupun Satnonkowil, perubahan sasaran semula
pembuatan jambanisasi dikembangkan menjadi sasaran fisik yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat setempat. Sedangkan untuk kegiatan KB Kesehatan masih dilaksanakan dengan
melibatkan instansi terkait sehingga hasilnya dapat optimal.

Selain hal tersebut terdapat penambahan kegiatan Bakti Kemandirian Masyarakat yang
bertujuan untuk membantu
meningkatkan kesejahteraan
masyarakat dengan jalan
memberikan bekal keterampilan sehingga masyarakat dengan potensi diri yang dimilki mampu
meningkatkan taraf hidupnya. Program ini sebelumnya bernama Baksos daya mas (Bakti
Sosial Pemberdayaan Masyarakat).

Pada TA 2021 juga mulai dilaksanakan Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana
yang dilaksanakan oleh seluruh Satkowil. Program ini adalah wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di wilayahnya dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana
alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang
ditimbulkan bila terjadi bencana alam.

Dari beberapa uraian di atas saya tekankan dalam pelaksanaan program Bidang Bakti TNI, agar
satuan mempedomani PPPA maupun Direktif yang ada, pedomani Bujuknis tentang Bakti TNI dan Buku Pedoman yang sudah dikeluarkan oleh Sterad
serta pedomani format yang sudah ditentukan dalam pembuatan Renlakgiat dan Laplakgiat.

Untuk tertib Administrasi agar mempedomani ketentuan PERWABKU sesuai dengan Kep Kasad Nomor 480/V/2020 Tanggal 28 Mei 2020 tentang Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan
di Lingkungan TNI AD.

Demikian arahan saya pada
Pengawasan dan Evaluasi Program Bidang Bakti TNI Semester II TA 2021. Semoga kita senantiasa
diberikan petunjuk dan
bimbingan-Nya dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan
Negara.

Kegiatan dilanjutkan meninjau secara langsung ke lapangan dan melihat hasil pelaksanaan Karya Bakti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Paban V/Bhakti TNI Sterad
( Katim Wasev Syerad ) Kolonel Inf I Kadek Sumbawa, Dandim 0301/Pbr Kolonel Inf Muh. Musafag Kaurbin Ops Bag TNI Kapten Arh Andi Akbar, Pasi Bhakti Rem 031/WB Kapten Inf Abdillah, para Pasi Kodim 0301/Pbr dan Baurmin Spanan V Bhakti TNI Sertu Tomi Tri. p.

Sumber : Pendim 0301/PBR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru