oleh

Eka Hospital Pekanbaru Luncurkan Komunitas Pasien Penyakit Ginjal

Pekanbaru, Detaksatu : Eka Hospital Pekanbaru meluncurkan komunitas pasien penyakit ginjal yang diselenggarakan bersamaan dengan webinar Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal.

Dari rangkaian peringatan Hari Ginjal Sedunia, webinar ini menghadirkan dua pembicara, yaitu dr. Dr. Rayendra, Sp.PD,KGH, FINASIM (Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal Hipertensi) dan Dr. Achmad Marzuki, Sp.BTKV (Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular).

Seperti diketahui ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam sistem urinaria (pengeluaran zat sisa tubuh dalam bentuk urine) yang terletak di bagian pinggang kiri dan kanan, serta berbentuk seperti kacang dengan ukuran normal 10-12cm atau sebesar satu kepalan tangan.

Menurut dr. Dr. Rayendra, Sp.PD,KGH, FINASIM dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi, beberapa fungsi ginjal adalah untuk menyaring limbah dari tubuh, mengendalikan keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh, mengatur keseimbangan asam dan basa, mengeluarkan sisa hasil metabolisme tubuh, dan sistem hormon (Eritropoetin yang berfungsi menstimulasi sel darah merah).

Lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Rayendra bahwa penurunan fungsi ginjal dapat berujung pada gagal ginjal, dimana ginjal tidak mampu lagi menyaring cairan dan limbah dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan. Berdasarkan kategorinya, gagal ginjal dibagi menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik.

“Gagal ginjal akut adalah keadaan ketika fungsi ginjal mendadak mengalami masalah dalam beberapa jam, hari, atau minggu saja dan dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Sedangkan gagal ginjal kronik adalah terjadinya abnormalitas fungsi ginjal lebih dari tiga bulan dan mengganggu kesehatan. Pada fase ini, fungsi ginjal mustahil untuk kembali sehat,” tutup dr. Rayendra.

Erwin Suyanto selaku Head of Marketing Corporate Eka Hospital mengatakan, “Selain berfokus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, Eka Hospital juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kesehatan, salah satunya mengenai pentingnya menjaga kesehatan ginjal dan bagaimana caranya untuk tetap memiliki hidup yang berkualitas walaupun dengan penyakit ginjal.” katanya, Sabtu (10/04/2021).

Melalui webinar ini, Eka Hospital Pekanbaru juga memperkenalkan komunitas hemodialisa Eka Hospital sebagai wadah bagi para pasien gagal ginjal untuk saling berbagi, mendukung dan saling menguatkan sesama pasien ginjal.

Fasilitas unit hemodialisa yang dimiliki Eka Hospital Pekanbaru dilengkapi dengan mesin HDF yang merupakan satu-satunya di Riau sampai saat ini. Eka Hospital Pekanbaru melayani penjaminan BPJS dan siap membantu pasien gagal ginjal memiliki hidup yang lebih berkualitas. Cukup menghubungi Whatsapp Eka Hospital di 0811-7689-997 untuk membuat janji dengan dokter.

Laporan : vie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru