oleh

Terkait Digelar Persidangan Sengketa Pilkada di MK, PH dan Pasangan Ridho Gelar Konferensi Pers

DETAKSATU, INHU – Dr Saut Marulitua Manik SHI SH MH CLA & Cs selaku Kuasa Hukum pasangan Nomor Urut Lima (Ridho) saat Konferensi Pers dihadiri puluhan Wartawan Inhu di Cafee Radja Kel Pematang Rebah Kec Rengat Barat, Kab Inhu – Riau, Kamis (21/1/2021) siang.

Didampinggi Paslon Ridho Penasehat Hukum (PH) Dr Saut Maruli Tua Manik dan Kawan kawan mengatakan dugaan penyeludupan Data Administrasi dan Dugaan terjadinya Terstruktur Sistimatis dan Masif (TSM) tentang pelanggaran Pemilu kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, sudah ditindaklanjut oleh pihak terkait mulai Bawaslu, Gakkum dan MK.

Untuk proses Gakum yang sudah dilaporkan Timses Rizal Zamzami-Yogi Susilo ke Penyidik Polres Inhu sudah ada kemajuan hingga ditingkatkan (P21) ke Kejaksaan, ada 5 orang Oknumnya sudah menjadi Tersangka, ujar Dr Saut Marulitua Manik SHI SH MH CLA

Ia menyayangkan tidak menutupi ada dugaan bahwasanya permasalahan Terstruktur Sistimatis Masif (TSM) seakan tidak muncul ke permukaan, bahkan seolah disengaja untuk diperlambat prosesnya.

“Saat ini seperti ada “Gap” antara Banwaslu Provinsi dan Kabupaten, ketika kami tanya permasalahan TSM di provinsi, mereka bilang dari kabupaten belum melimpahkan ke sana,” ucap Pengacara Milenial ini.

Ia juga mengingatkan kepada Bawaslu Inhu, dalam persidangan di MK mendatang, agar menyampaikan semua permasalahan fakta yang terjadi di Kabupaten Inhu saat Pilkada 9 Desember 2020 lalu secara rinci.

Sebab dikhawatirkan jika nanti pihak Bawaslu menyembunyikan kasus – kasus yang terjadi di Inhu, akan berdampak yang tidak baik terhadap masyarakat Inhu.

“Pokoknya Bawaslu nanti harus sampaikan apa adanya di MK, jangan pula Bawaslu nantinya membangunkan polemik yang bisa merusak ketentraman serta kekondusifan paska Pilkada di Inhu tak diinginkannya akan bisa membangunkan macan yang lagi tidur,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi pihak Penyidik Kepolisian Resort Inhu yang telah cepat tanggap menetapkan tersangka terhadap Kepala Dinas PMD dan Lima Orang Kades yang terbukti melakukan TSM di Inhu.

“Kalau untuk Polres kami ucapkan terimakasih atas penetapan tersangka Kadis dan 5 Kades, dan mudah-mudahan Kejaksaan Inhu segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Inhu,” ucapnya.

Selanjutnya Paslon Bupati Rizal Zamzami didampinggi Wabup Yoghi Susilo saat Konfres mengajak Timses, Relawan Ridho dan Masyarakat Inhu yang ingin ada perubaham kepemimpinan sambil menunggu Keputusan MK mari bersama sama kita ikut menjaga keamanan paska Pilkada.

“Rizal Zamzami berpesan Daerah Inhu tercinta ini kalau sudah tidak kondusif tentunya yang rugi bukan kita saja bahkan berdampak kepada seluruh masyarakat Inhu,” singkatnya.

Diujung konpres Sekjen Timses Pemenangan Ridho menambahkan mari kita bersama Kuasa Hukum Ridho tetap semangat untuk mencari keadilan serta memperjuangkan kemenangan paslon nomor urut lima.

“Dia optimis dengan berbagai alasan dan alat bukti yang sudah dilaporkan kepihak terkait bisa menjadi modal utama tuntutan Tim Ridho di kabulkan MK,” pungkas M Syafaat.

Ketika hal tersebut hendak dikonfirmasi dengan Bawaslu Inhu terkait hasil Konfrensi Pers dengan Penasehat Hukum dan Paslon Ridho
semua Komisioner Banwaslu tidak ada di tempat.

“Kepada Puluhan Wartawan Staf Sekretariat Bawaslu Inhu mengatakan semuanya lagi tidak di tempat Pak, keluar kota,” ujarnya. (Laporan Editor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru