oleh

Menakjubkan, Sariono Warga Langkan Berhasil Membuat Sebuah Pesawat Gelatik

Pelalawan, Detaksatu.com : Salah seorang warga Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, yang akrab disapa dengan panggilan Sariono SR (45) saat ini sedang menggemparkan media sosial. Pasalnya, ia telah berhasil membuat sebuah pesawat terbang dengan tipe gelatik (capung).

Berawal dari informasi yang didapat media ini melalui akun Instagram @infopangker, milik salah seorang warga Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Yang kemudian dikembangkan lagi melalui Sariono dari pesan WhatsApp. Pada Kamis (26/11) Sariono menceritakan proses pembuatan hasil karyanya.

Pembuatan pesawat miliknya itu berawal dari hobi yang dimiliki sejak kecil di bidang otomotif yang ia dipelajari dari orang tuanya. Kemudian, pada tahun 2014 silam, pria kelahiran 1975 itu mulai merakit pesawat buatannya dengan barang-barang bekas, seperti besi pipa ringan dan mesin sepeda motor yang tidak terpakai lagi.

Dengan kesabaran dan kegigihan yang dimilik Sariono, akhirnya ia menyelesaikan karyanya yang menakjubkan itu pada tahun 2019 lalu dan langsung dilakukan uji coba penerbangan disalah satu ruas jalan di Kecamatan Langgam. Hanya sekali percobaan, Sariono berhasil menerbangkan burung besinya itu, seperti yang terlihat disebuah tayangan video amatir miliknya.

Pesawat Gelatik Karya Warga Desa Langkan Pelalawan
Pesawat Gelatik Karya Warga Desa Langkan Pelalawan

Dalam pembuatan pesawatnya, Sariono telah menghabiskan biaya sebesar Rp 30.000.000, Walaupun sudah menghabiskan biaya lumayan besar, Sariono telah meraih keberhasilan yang memuaskan.

Tidak berhenti di karya perdananya, pada tahun 2020 ini Sariono kembali merakit sebuah awak pesawat dengan tipe yang sama namun dengan ukuran yang sedikit besar serta kapasitas penumpang menjadi dua orang, yang sebelumnya hanya satu orang.

“Saya ingin mengembangkan dan akan terus melakukan pembuatan pesawat lagi agar bisa berguna untuk saya pribadi dan orang lain,” ungkapnya.

Saat disinggung apa harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Sariono mengatakan bahwa dirinya sudah menemui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pelalawan yang disambut dengan baik, ia juga telah membicarakan tentang kedepannya mengenai hasil karyanya kepada DPRD Kabupaten Pelalawan.

“Kemarin saya ke DPRD Pelalawan dan sudah di tanggapi dengan baik. Mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Pelalawan bisa mengapresiasi karya saya,” tukas Sariono.

Laporan: Cahyo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru