oleh

Kehadiran Partey Disambut Antusias Mikel Arteta

Jakarta, Detaksatu : Sukses Arsenal merekrut Thomas Partey disambut antusias Mikel Arteta. Partey bikin manajer Arsenal tersebut bisa lebih bermain-main dengan formasi tim.

Arsenal menebus Partey dari Atletico Madrid senilai 50 juta euro di hari terakhir bursa transfer musim panas pada 5 Oktober lalu. Ia kabarnya dikontrak empat tahun dengan opsi perpanjangan setahun.

Kedatangan gelandang 27 tahun itu menambah opsi di lini tengah The Gunners. Dengan ditepikannya Mesut Oezil, praktis Arsenal sebelumnya cuma punya Granit Xhaka, Mohamed Elneny, dan Dani Ceballos sebagai gelandang tengah yang bisa diandalkan.

Lebih dari itu, kualitas Partey disebut Arteta memungkinkannya untuk bereksperimen. Partey bukan cuma cukup fleksibel dalam posisi bermain –ia bisa main sebagai bek kanan, gelandang tengah-kanan, atau gelandang tengah– melainkan bisa memainkan sejumlah peran.

Partey bisa bermain sebagai gelandang box-to-box karena daya jelajahnya yang sangat tinggi, atau sebagai gelandang deep-lying karena mampu mengoper dan memainkan tempo dengan baik. Partey juga dinilai punya kemampuan membawa bola yang bagus, yang membuatnya bisa memainkan peran lebih maju.

Squawka pada Juni lalu mengungkap data bahwa Partey mencatatkan rata-rata 2,2 aksi dribel sukses per 90 menit. Di lima liga top Eropa kala itu, hanya Thiago Alcantara yang punya rasio sukses lebih bagus dari Partey, di antara pemain-pemain yang sudah mencatatkan lebih dari 50 aksi dribel.

Maka tak sedikit yang melabeli Partey sebagai salah satu gelandang paling komplet saat ini. Arteta mengaku hadirnya Partey sudah merangsang berbagai ide untuk mengutak-atik lini tengah Arsenal.

“Kami percaya dia punya kualitas-kualitas yang tepat, dengan karakter dan sikapnya, juga dengan kualitas teknik dan opsi posisi yang bisa diberikannya ke tim,” ujarnya dilansir Metro.

“Saya rasa dia bikin kami bisa memainkan formasi-formasi berbeda dan dia bisa cocok dengan formasi-formasi itu di berbagai posisi, yang mana sangat bagus buat sebuah skuad di mana di lini tengah, menurut saya kami agak kekurangan pemain.”

“Saya punya beberapa ide yang ingin saya mulai terapkan dengan tim dan perekrutan ini akan memberikan kami kemampuan beradaptasi sedikit lebih banyak dan keseimbangan yang lebih baik dalam transisi bertahan dan menyerang, serta cara kami harus menyusun struktur tertentu untuk menyerang dengan lebih baik di sejumlah momen pertandingan,” kata mantan tangan kanan Pep Guardiola di Manchester City ini.

Laporan : Alvie/Detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru