oleh

Antisipasi Karhutla, Ini Yang Dilakukan Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar

Pelalawan, detaksatu.com – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah teritorial, Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar, Kodim 0313/Kpr, Serda Indra rutin menggelar komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat.

Salah satunya, seperti yang dilakukan di Desa Bukit Lembah Subur, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Senin (27/7/2020).

Dalam giatnya, Babinsa terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya karhutla Karenanya, dia meminta agar warga di wilayah setempat tidak sembarangan membakar lahan.

Apabila masyarakat sengaja membakar lahan, lanjutnya, maka akan ada sanksi hukum yang berlaku.

“Tujuan kita berkumpul di tempat ini dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antara Babinsa dengan seluruh masyarakat khususnya di Desa Lembah Subur, Kecamatan Kerumutan, sekaligus sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan,” ujar Serda Indra.

Lebih lanjut, Babinsa juga turut mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana karhutla, khususnya di Desa Bukit Lembah Subur.

“Kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat yang selama ini belum tahu sudah mulai mengerti akan bahaya terjadinya Karhutla”, tutupnya .

Terpisah, Komandan Koramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan para Babinsa tersebut sudah menjadi Kewajiban aparat di satuan teritorial untuk memastikan wilayah binaannya tetap aman dan kondusif.

“Patroli dan sosialisasi karhutla memang dilakukan secara rutin, terutama wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” ujarnya.

Laporan: D.A

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru