oleh

Perwosi Riau Tetap Eksis di Era Corona

Pekanbaru, Detaksatu : Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Riau, tetap eksis dan terus mengadakan komunikasi antar pengurus dan anggota selama masa pandemi Corona.

Menurut Ketua Perwosi Riau, Hj Novilia SE, meski diantara pengurus tidak dapat bertemu muka secara langsung, namun mereka aktif mengadakan pertemuan dan diskusi melalui media online. “Untuk semua bentuk kegiatan lapangan, memang kita hentikan. Tapi di zaman komunikasi canggih ini, kita masih bisa menjalin ukhuwah dan kekompakan melalui media online seperti zoom dan google meeting,” kata Novilia kepada media ini pekan lalu.

Bahkan, jelas Novilia, Minggu kedua Juni 2020 lalu, mereka mengadakan diskusi mengenai berbagai masalah penting tentang rencana kerja Perwosi ke depan. Diskusi ini berjalan hangat dan penuh kekerabatan.

Menurut Novilia, Covid 19 ini, memang membuat sejumlah aktivitas Perwosi jadi stagnan dan tidak berjalan sesuai program kerja organisasi. Bahkan mereka hampir tidak pernah bertemu muka secara langsung sejak tiga bulan terakhir.

“Namun hubungan persaudaraan dan kerjasama antar pengurus tidak boleh hilang. Dalam diskusi usai lebaran idul Fitri kemarin, kita malah mengangkat tema, meningkatkan ukhuwah Islamiyah di tengah Covid 19. Pandemi ini, tidak boleh memutus silaturrahim dan persaudaraan kita,” ujarnya.

Novilia juga menghimbau agar seluruh keluarga besar Perwosi Riau tetap semangat, menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan serta menjaga marwah organisasi. “Meski kita berjarak, tapi hati kita tetap dekat. Ini salah satu kunci organisasi menjadi besar,” tegasnya.

Dia juga menyebut, hikmah lain dari pendemi Corona ini, membuat masyarakat semakin berhati-hati. Misalnya, banyak pembelajaran yang dapat diambil dari musibah Covid 19, diantaranya, mengajarkan kepada seluruh pengurus Perwosi Riau, agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain juga terbiasa mengelola waktu di luar rumah untuk hal-hal
yang penting-penting saja.

Di sisi lain, Novilia berharap kepada seluruh pengurus, secara bersama-sama ikut pula membantu pemerintah untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran Covid 19, terutama di lingkungan keluarga terdekat. Misalnya mengingatkan agar masyakarat selalu cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Karena sejauh ini belum diketahui sampai kapan virus ini akan berakhir.

SOIna Galang Kekuatan

Menyinggung tentang keberadaan organisasi Special Olympics Indonesia (SOIna) Riau, yang juga diketuai Hj. Novilia, hingga kini kiprahnya masih terus berjalan. “Hanya saja, kepengurusan SOIna yang baru, belum dilantik. Kuarena masih dalam situasi Corona,” jelasnya.

Novilia yang baru saya terpilih sebagai Ketua SOIna Riau awal 2020 untuk empat tahun ke depan, merencanakan pelantikan Mei bulan lalu. Tapi karena situasi yang tidak mengizinkan, maka pelantikan ditunda hingga akhir tahun ini.

Namun demikian, sebagai sebuah lembaga yang menaungi anak-anak berkebutuhan khusus, mereka tetap menjalankan roda organisasi dan menggalang kekuatan. Bagi para atlit SOIna, mereka tetap berlatih meskipun dari rumah.

Minggu lalu, SOIna juga mengadakan acara halal bi halal melalui media zoom meeting. Acara ini mereka beri tema; “Melalui silaturahmi halal bihalal kita tingkatkan pemberdayaan atlet SOIna Riau. Ayo tetap semangat, beraktifitas, kreatif dan inovatif dalam berolahraga di tengah pandemi Covid 19.

Menurut Hj Novilia, walaupun saat ini dalam kondisi pandemi Covid, mereka tetap semangat bekerja seperti biasa, khususnya bagi pembinaan anak-anak atlet SOIna, yang terus berlatih senam, renang, atletik dan olahraga lainnya. “Kita tetap beraktivitas dan menggalang kekuatan di bidang prestasi,” tegasnya.

Salah, satu kegiatan yang mereka lakukan adalah, melaksanakan lomba senam secara virtual bagi anak-anak atlet SOIna se Provinsi Riau. Lomba secara virtual ini, setidaknya akan tetap memacu semangat atlit untuk terus berlatih.

Kata Novilia, kegiatan atlit dalam berlatih maupun berkompetisi tidak boleh terhenti. Karenanya dia meminta agar atlit tetap semangat dan menjaga prestasi yang sudah ada. Sebab, sejauh ini atlit-atlit SOIna Riau sudah teruji prestasi mereka baik di tingkat nasional, Asia Tenggara maupun tingkat internasional.

Terakhir, Novilia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan berpartisipasi membesarkan SOIna. “Terimakasih kepada seluruh pengurus yang tetap kompak dan seluruh atlit. Ucapan istimewa kami sampaikan juga untuk Ibu Iwa Sirwani Bibra, yang menjadi Ketua SOIna sebelum saya. Jasa Ibu Iwa, tidak akan pernah kami lupakan,” kata Novi menutup pembicaraan.

Laporan : redaksi/rilis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru