oleh

Kepenghuluan LTB Tolak Bagikan BST

Rokan Hilir, detaksatu.com – Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru (LTB), Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), menolak membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 600 ribu perbulan dari Kementerian Sosial RI karena data penerima bantuan tersebut membuat kegaduhan, pasalnya yang menerima bantuan juga menerima bantuan program lainnya.

“Penerima BST juga menerima bantuan seperti PKH, BPNT, maka kami menolak membagikan karena akan terjadi kegaduhan sebab pasti warga lain protes mengapa mereka tidak dapat. Sementara Data penerima BST inikan dari Pemerintah Pusat, yang kaya dapat bantuan apa nanti kata yang layak menerima,” kata Penghulu Dermawan didampingi Sekdes Yunita Afriyanti, S.Pd, Selasa,(2/6/20).

Namun kata Penghulu Iwan, sapaan akrab Dermawan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dibagikan karena data penerima bantuan tersebut yang menentukan pihak Kepenghuluan hasil dari musyawarah.” Jumlah yang nerima BLT DD di Kepenghuluan kami 20 KK. Mereka memang layak menerima,” ujarnya.

Iwan menambahkan, untuk BLT sudah dibagikan pihaknya pada tanggal 8 Mei lalu untuk bulan April. Penyaluran sendiri melalui rekening dan tunai. “18 KK kami transper karena mereka punya rekening, 2 tunai karena penerima penyakit menahun. Insyaallah penyaluran sesuai dan tepat sasaran,”ungkapnya.

Untuk penyaluran tahap kedua sebutnya menunggu pencairan. Sementara untuk pencairan sendiri belum ada petunjuk dari Dinas Pembedayaan Desa (PMD). ” Penyaluran BLT DD tahap I saja kami pakai dana Kepenghuluan karena dana belum cair. Itulah dana tahap II itu, dana tahap I sudah terealisasi beberapa program diantaranya fisik dan Covid 19,” terangnya.

Dana Covid-19 Kepenghuluan LTB sebesar Rp 150 juta , ujarnya, masih tersisa. “Sudah kami pergunakan untuk membeli masker, bantuan pangan untuk orang yang dikarantina karena status ODP (orang dalam pemantauan), beli APD, Disenpektan dan pesangon buat warga yang selesai masa karantina. Kemarin yang dikarantina sebanyak 6 orang,” pungkasnya.

 

Laporan : Sutrisno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru