oleh

Dr. Siti Zahrah Jadi Dekan Faperta UIR Pertama

Pekanbaru, Detaksatu : Dr. Ir. Hj. Siti Zahrah, M.P menjadi Dekan Faperta UIR pertama yang dilantik Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, M.C.L. Serah terima jabatan antara Siti Zahrah dengan dekan lama, Dr. Ujang Paman Ismail, M.Agr berlangsung di Faperta UIR, Jumat (3/4). Ujang Paman dipercaya sebagai dekan untuk dua periode (2012-2015 dan 2016-2020).

Tampak hadir, para Wakil Dekan periode lama (WD I Siti Zahrah, WD II Ir. Djarot M.Si san WD III Dr. Fathurrahman) Ketua dan Sekretaris (Prodi Agrotek, Ir. Ernita, MP, Agribisnis, Ir. Salman, M.Si dan Budidaya Perairan (Akuakultur), It. T. Iskandar Johan, M.Si serta para dosen, Kepala KTU, Joni Syafrinaldi dan staf lainnya.

Suasana acara serah terima jabatan Dekan Fsperta UIR itu berlangsung sederhana dalam situasi wabah Covid 19 sehingga para hadirin duduk dengan jarak agak berjauhan. Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan surat setah terima dan penyerahan kepada pejabat baru dan lama. Acara dipandu sebagai MC, Dr. Sarifah Ulfah dan pembacaan doa oleh Ir. Maizar, M.P.

Dekan lama, Ujang Paman dalam sanbutannya menyampaikan sejumlah prestasi dan capaian antara lain ketiga prodi yang ada meraih Akreditasi A, pembangunan gedung laboratorium terpadu yang masih dalam penyelesaian, sarana pemuliaan/ genetika bibit pertanian, sarans cafe/
kantin dll.

Selain itu, Ujang mengemukakan upaya mewujudkan pola pertanian modern yang menggunakan sprinkler. ”Saya mengucapkan terimakasih kepada para Wakil Dekan, Prodi, KTU, dosen dan staf administrasi. Mohon maaf pula bila ada kesalahan,” ujar putra Rokan Hulu tang meraih gelar doktor agribisnis di Saga University, Jepang ini.

Sementara Dekan baru, Dr. Ir. Hj. Siti Zahra, M.P mengawali sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan sehingga dirinya terpilih sebagai dekan. Tantangan kedepan semakin berat karena output dan outcome yang ingin dicapai agar bermanfaat oleh masyarakat.

”Semua hanya keberhasilan inj hanya dapat diraih atas dukungan bersama.Mari kira bersatu dalam melakuksn semua kegiatan Catur Darma PT. Saya b Faperta ini dengan kinerja terbaik sehingga kita dapat meraih berprestasi. Hal ini tentu secara langsung akan menkngkatkan peminat mahasiswa yang ingin kuliah di kampus kita,” kata Siti Zagrah.

Siti Zahrah bertekad untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Oleh sebsb itu, bsgibya Dekan lama menjadi motivator dalam pelaksanaan tugasnya.

Usai sambutan, digelar acara diskusi dalam menampung berbagai masukan, kritik san saran dari unsur pimpinan san para dosen. Sejumlah dosen yang turut menyampaikan gagasan dan pemikiran yakni Ir. Fakhrunnas MA Jabbar, MIKom, Ir. T. Isksndar Johan, MSi, Ir. Ernira, M.P., Ur. Salman, M.Si, Ir. Septina, M.Si, Ur. Tibrani, M.Si dan Dr. Ir. Saipul Bahri.

Berbagai gagasan yang muncul dalam diskusi itu antara lain perlunta penetapan bidang unggulan seperti tanah gambut, ikan selais. Perlunya peningkatan disiplin kehadiran di kampus, upsta mempertahankan capaian Akreditasi A menuju Unggul dan perlunya dosen-dosen muda agar melanjutkan pendidikan S3 terkait kepentingan mutu dan akreditasi dimana pada tahun 2025 nanti para dosen harus bergelar doktor. Perlunya peningkatan laboratorium dan penelitian lahan marjinaldengan fokus psda tanah gambut, hama dan penyakit.

Gagasan lain terkait kegiatan lapangan san kunjungi usaha binsis. Perlunya aplikasi sistem digital dalam proses penentuan judul penelitian para mahasiswa. Terkait tuntutan akrefirasi unggul di masa deolpan sesuai kalender akademis. Oleh srbab itu perku percepatan pengurusan kepangkatan akademis bagi dosen, program pendidikan bagi mahasiswa internasional, kegiatan professor visiting, keunggulan dan kebaruan penelitian.*

Laporan : redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru