oleh

Paklong Gamal “Anak Dumai Umaro & Ulama”

Dumai, Detaksatu : Ir Gamal Abdul Nasir MM yang akrab dengan panggilan Paklong Gamal atau UGAN (Ustz Gamal Abdul Nasir), kian akrab di telinga masyarakat Dumai. Apalagi Paklong Gamal digadang-gadang masyarakat untuk maju di Pilkada Kota Dumai 2020.

Sebagai anak jati Kota Dumai, Gamal sangat bersyukur mendapat banyak dukungan dari masyarakat. Baginya, dukungan masyarakat merupakan modal yang sangat besar untuk bisa ikut meramaikan bursa pemilihan Walikota Dumai di Pilkada mendatang.

Meski banyak masyarakat Kota Dumai sebagian sudah mengenal dirinya, namun tak sedikit yang tau banyak tentang sosok yang dikenal ramah dan santun dalam bergaul ini.

Nah, dalam satu kesempatan, dan waktu yang sangat terbatas, Gamal menceritakan sekilas perjalanan hidupnya kepada Detaksatu.com

“Saya dilahirkan di Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir. Tapi, dari kecil saya sudah dibawa orang tua merantau ke Kota Dumai. Waktu itu Dumai masih hutan belantara. Masih banyak binatang buas seperti Harimau Sumatera,” Paklong Gamal mengenang masa kecilnya.

Di Kota Dumai ini Gamal menamatkan sekolah dasarnya di SD Negeri 08 Dumai. Tiga tahun kemudian dia memperoleh ijazah sekolah menengah pertama di SMP Negeri 01 Dumai.

Lanjut masuk ke sekolah menengah atas, tepatnya SMA YPP7 Bukit Datuk Komp Pertamina Dumai, Gamal berhasil mendapatkan ijazah dengan nilai yang baik.

Tak puas hanya berijazah SMA, Gamal melanjutkan studinya ke Pekanbaru. Sarjana Pertanian berhasil ia sandang setelah kuliah di salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Pekanbaru. Haus akan ilmu, membuat Gamal mengambil program magister manajemen di salah satu perguruan tinggi yang ada di Surabaya. Dia pun berhasil menyelesaikan program S2 nya dengan prediket cumlaude.

Bagi masyarakat Kota Dumai, Gamal Abdul Nasir dikenal sebagai seorang mubaligh yang rajin berdakwah. Dalam menjalankan kegiatan dakwahnya, Gamal terbilang tunak.

Siang malam, mubaligh yang akrab disapa Ugan ini keluar masuk Masjid, Musholla, majelis ta’lim, kampus, sekolah, bahkan dari rumah ke rumah. Ceramah Ugan pun sudah banyak videonya dan viral di kanal Youtube.

Mengabdi Untuk Negeri

Lantas, apa yang menjadi alasan Paklung Gamal maju mencalonkan diri menjadi Walikota Dumai? Katanya, semua tak lebih karena keterpanggilan hati nurani untuk membangun kampung halaman.

“Siapa lagi yang akan mrmbangun kampung kita, kalau bukan anak jati Dumai. Selama ini belum ada anak Dumai yang menjadi Walikota, sekarang lah saatnya masyarakat memilih anak jati Dumai. Kita kejar ketertinggalan selama ini dengan harapan kita meraih kedamaian, kemakmuran dan kesejahteraan,” ungkap Gamal.

Jika amanah itu nantiya diberikan rakyat, Gamal sudah menyiapkan berbagai program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang untuk membangun Kota Dumai.

Dia mengatakan, skala prioritas yang akan dilakukan jika terpilih kelak adalah mewujudkan Kota Dumai sebagai kawasan industri, perdagangan, pariwisata, pendidikan dan kesehatan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Melayu yang agamis.

“Untuk mewujudkan itu semua diperlukan JALITA (Jalan, Listrik, Informasi, Transfortasi, dan Air bersih) yang sempurna. Sudah 85 tahun kita merdeka, sampai sekarang air bersih masih menjadi masalah utama,” tukas Gamal.

Selain itu, kata Gamal lagi, yang paling penting adalah menciptakan sumberdaya manusia yang beriman, cerdas dan berakhlak mulia.

“Saya punya tips untuk menciptakan insan yang BCB (Beriman, Cerdas dan Berakhlak). Bagi yang muslim, kita buka pasantren terbuka, kita ciptakan anak-anak yang pandai nembaca Al-Qur’an, mengerti dengan isi Al-Qur’an, serta mampu mengimplementasikan isi Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Lantas, bagaimana upaya yang telah dilakukan untuk bisa mencari ‘perahu’ partai pengusung? Dikatakan Gamal saat ini komunikasi dengan beberapa partai terus dilakukan secara intensif.

“Kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk mendapatkan perahu. Alhamdulillah, titik terang sudah ada. Saya mohon masyarakat Dumai membantu untuk mendoakan supaya kita dapat maju dan memenangkan pertarungan ini,” harap Gamal.(*)

Laporan : redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru