oleh

Ketua LPTQ Riau Apresiasi Pembukaan Acara MTQ ke III Bhatin Solapan

Bhatin Solapan, Detaksatu : Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke III tingkat Kecamatan Bathin Solapan dibuka secara langsung oleh PLH. Bupati Kabupaten Bengkalis H Bustami HY dengan mengusung tema “Gemar membaca Al-Qur’an merajut kebaikan, kedamaian dan kebersamaan, dalam mewujudkan Bathin Solapan yang ihsan”, yang diadakan di halaman Kantor Desa Simpang Padang Jalan LKMD, Minggu Malam (15/03/2020).

Pembukaan Pelaksanaan MTQ tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plh Bupati Bengkalis bersama Ketua LPTQ Provinsi Riau H Ahmadsyah Harrofie, Anggota DPRD Bengkalis dan para tamu undangan lainnya.

PLH. Bupati Kabupaten Bengkalis H Bustami HY menggatakan MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para Qori dan Qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten dan naik ke tingkat Provinsi.

Selain itu sambung Bustami, dengan kegiatan MTQ ini diharapkan sebagai wahana untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, serta penyebarluasan Al-qur’an dan Al-Hadits, ujar PLH. Bupati Bengkalis dalam sambutannya.

“Harapan kami kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial atau bahkan pelaksanaan program santri tahun akhir semata. MTQ merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat islam yang saat ini sedang mengalami masa krisis, di mana Al-quran hanya sebatas ditenggorokan, belum menyentuh qalbu,” Harap Plh Bupati.

Sementara itu, Ketua LPTQ Provinsi Riau H Ahmadsyah Harrofie memberikan apresiasi terhadap acara MTQ ke III Kec. Bhatin Solapan yang begitu meriah.

MTQ ini merupakan sebagai upaya untuk mencari kafilah putra daerah yang berprestasi dan mengetahui sampai sejauh mana pola pembinaan yang dilakukan oleh LPTQ, ujar Ahmad Syah yang juga merupaka Balon Bupati Bengkalis 2020 ini.

Harapannya, dengan pelaksanaan yang dilakukan secara berjenjang tersebut juga sebagai upaya mengetahui pemetaan dan potensi kafilah yang ada di tiap kecamatan.

“Ini sebagai bahan pencarian kafilah dari tingkat bawah, jika sudah muncul selanjutnya kita lakukan pembinaan ditingkat kabupaten. Selanjutnya mereka inilah yang akan memperkuat kafilah Kabupaten Bengkalis pada jenjang MTQ yang lebih tinggi lagi,” tegas Ahmad Syah.

Laporan : redaksi

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru