oleh

Husni Tamrin Launching Tengku Sabli Sebagai Tandem Pilkada Pelalawan 2020

Pelalawan, Detaksatu : Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan 2021-2026 H. Husni Tamrin SH-Dr. Ir. H. Tengku Edy Sabli MSi resmi men-diclare-kan diri, Sabtu, 4 Januari 2020. Dihadapan pendukung dan simpatisan, ”duet maut” milenial kolaborasi politisi-akademisi ini menyatakan kesiapannya untuk berkontestasi pada gelaran Pilkada Pelalawan 2020.

Deklarasi pasangan Husni Tamrin-Edy Sabli yang dipopulerkan dengan sebutan “Duet HT” itu dilaksanakan Sabtu (4/1/2020) siang di Hotel Fanbinari, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Dihadiri sekitar 500-an pendukung fanatik HT, yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Pelalawan, deklarasi pasangan ini berlangsung meriah dan diselingi dengan yel-yel “Mantap, Sehati dan Menang”.

Satu hal yang paling menarik dan jadi sorotan publik, duet Husni-Tengku (HT) ini ternyata merupakan pasangan pertama peserta Pilkada di Riau yang sudah mendeklarasikan diri. Sementara para kandidat lainnya, baik di Pelalawan maupun kabupaten/kota lainnya di Riau, sampai detik ini rata-rata masih berkutat dengan persoalan “perahu” alias dukungan partai politik.

“Kami berdua, soal perahu sudah oke. Karena Gerindra memiliki 4 kursi di DPRD Pelalawan dan kami sudah mengantongi rekomendasi dari DPP Gerindra, itu artinya butuh tambahan 3 kursi lainnya. Insha Allah, pekan depan, parpol lain yang akan jadi koalisi Gerindra, sudah akan ada kepastian,” kata Husni Tamrin didampingi bacawabup Tengku Edy Sabli dalam sesi jumpa pers usai deklarasi.

Namun dengan partai mana Gerindra akan berkoalisi, Husni Tamrin belum bersedia membocorkan kepada media. Yang pasti, kata Ketua Partai Gerindra Pelalawan ini, sebelumnya pihaknya sudah mendaftarkan diri dan sekaligus meminang sejumlah parpol seperti PKS, Hanura dan PKB serta Partai Demokrat. “Tunggu saja. Insha Allah pekan depan sudah akan kita umumkan,” jawab Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Riau ini diplomatis sambil tersenyum.

Turun Gunung

Acara deklarasi diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan kumandang Lagu Indonesia Raya itu. Satu pemandangan menarik adalah “turun gunungnya” para tokoh Pelalawan dan tokoh-tokoh pendiri Kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Induk, Siak, untuk memberikan dukungan penuh kepada Husni Tamrin-Tengku Edy Sabli di Pilbup 2020.

Tokoh-tokoh pendiri Pelalawan yang hadir di antaranya terlihat Prof. DR. H. Tengku Dahril dan H Tengku Kamaruzzaman. Lalu tokoh Pelalawan yang juga terlihat hadir memberikan dukungan adalah M Khairunnas, H. Abdul Somad Ja’far serta sejumlah nama lainnya.

Ketua Tim Pelalawan Mantap, Drs H Marwan Ibrahim, saat memberikan sambutan pengantar deklarasi HT mengungkapkan, penetapan Husni Tamrin sebagai calon Bupati Pelalawan periode 2021-2026 sudah melalui kajian dan pembicaraan dengan berbagai tokoh adat, tokoh lintas agama dan juga para pendiri Pelalawan. “Jadi prosesnya memang cukup lama dan alot. Sejak awal tahun silam lagi,” tutur Marwan Ibrahim yang juga mantan Wakil Bupati Pelalawan.

Terakhir, sebut Marwan, sebelum keputusan dan penetapan dilakukan, tim inisiator melakukan konsultasi dan permintaan dukungan kepada mantan Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar dan H Rustam Effendi.

“Setelah melakukan komunikasi dengan berbagai tokoh Pelalawan seperti Pak Azmun Jaafar dan Rustam Effendi, baru diputuskan menetapkan pasangan HT,” jelas Marwan. Dan kemudian disusul dengan penetapan pasangan bakal calon wakil Bupati yakni Tengku Edy Sabli yang juga dosen Universitas Islam Riau (UIR) tersebut.

Dalam deklarasi yang juga ramai oleh barisan Emak-emak, Ketua Adat dan tokoh-tokoh lintas agama tersebut, Marwan Ibrahim selaku Ketua Tim Pelalawan Mantap menegaskan tekad dan kesiapannya untuk memenangkan pasangan Husni Tamrin-Tengku Edy Sabli. “Kami siap untuk tidur di lapangan demi kemenangan HT pada Pilkada Pelalawan. Dan tak ada kata kalah, kita harus menang!” ujar Marwan Ibrahim membakar semangat pendukung dan segenap relawan yang hadir. Serta disambut massa dengan “yel-yel” dukungan untuk pasangan “HT”.

Marwan pun menutup sambutannya dengan sebaris pantun. “Dari Pelalawan ke Pekanbaru, Jangan lupa membeli baju. Kalau kita sudah bersatu, Pelalawan pasti maju!”

Sementara Tengku Dahril selaku pendiri Pelalawan, dalam sambutan dukungannya mengungkapkan rasa optimisnya Husni Tamrin-Edy Sabli bakal jadi pemimpin Pelalawan ke depan.

“Dan saya optimis, Husni Tamrin ini ke depannya tidak saja bakal jadi Pemimpin Pelalawan, tetapi juga Provinsi Riau (Gubernur) dan bahkan Indonesia. Pak Jokowi itu kan juga berasal dari daerah, lalu jadi Gubernur DKI dan kini Presiden. Husni Tamrin juga berpeluang besar untuk menggapainya,” kata Tengku Dahril disambut tepuk tangan meriah sekitar 500-an pendukung, relawan dan simpatisan yang hadir.

Deklarasi pasangan Husni Tamrin-Tengku Edy Sabli ditandai dengan pidato politik keduanya secara bergantian. Selain mengenalkan diri, baik Husni maupun Edy Sabli, juga menjelaskan tentang alasan maju serta berpasangan di Pilkada Pelalawan. Secara singkat Husni Tamrin juga menjelaskan arti dari tagline “Mantap” yang mereka gunakan untuk Pilkada 2020.

“Mantap itu singkatan dari maju, adil, nyaman, terbaik, agamis dan pusat perekonomian, pemerintahan yang handal dan pusat budaya Melayu,” tutur Husni Tamrin.

Laporan : Ybs/alvie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru