oleh

SD Global Andalan Estate Pelalawan Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Jakarta, Detaksatu : SD Global Andalan Estate Pelalawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) meraih penghargaan Adhiwiyata Mandiri 2019 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya pada Jumat (13/12) di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat. Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan Pentingnya pendidikan dalam menyelaraskan dan internalisasi dan kecintaan dalam menjaga lingkungan. Pemerintah memahami dan menyadari potensi dengan terus menerus melakukan pembinaan sejak dini melalui program Adiwiyata yang dirintis sejak tahun 2006.

“Konsep pendidikan lingkungan hidup adalah proses membangun populasi manusia yang sadar lingkungan dan memiliki keterampilan dan komitmen untuk bekerjasama untuk dapat memecahkan berbagai macam masalah lingkungan saat ini berdasarkan deklarasi. Kami menyerahkan 13 kali penghargaan Adiwiyata Mandiri. Sekolah menjadi sehat dan menyenangkan. Penghargaan ini bukan tujuan akhir tapi bentuk komitmen yang kuat di unsur pendidikan untuk melahirkan anak-anak yang berprestasi sehingga menghadirkan Generasi Unggul untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

Kabid Tata Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan, Eko Novitra mengatakan penghargaan Adhiwiyata Mandiri merupakan motivasi banyak sekolah di Kabupaten Pelalawan dalam mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

“Kami berharap SD Global Andalan dapat membimbing sekolah lain sehingga bisa mendapatkan penghargaan yang sama. Tidak sampai di sini, tapi juga berkelanjutan dan bisa mempertahankan penghargaan Adhiwiyata Mandiri ini dua tahun berikutnya,” tuturnya.

Kepala Sekolah SDS Global Andalan Estate Pelalawan, Dra Roslina Nurlince B mengatakan banyak usaha yang telah dilakukan bersama warga sekolah untuk mencapai prestasi ini. Dia menceritakan perlu perjuangan keras untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

“Tahun 2016, kami juga mendapatkan penghargaan yang sama. Sejak tahun 2018, kami juga membina sekolah-sekolah seperti SD Global Andalan Pangkalan Kerinci, SD Global Andalan Estate Ukui, SD Permata Andalan Asian Agri Ukui,” jelasnya.

Adiwiyata (Green School) merupakan salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta juga kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Tahun ini SD Global Andalan adalah satu dari 1010 penerima Penghargaan Adhiwiyata Mandiri. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru