oleh

Didampingi Rektor UIN, Husni Thamrin Sampaikan Permohonan Maaf Dihadapan Tokoh Masyarakat Batak

Pekanbaru, Detaksatu : Setelah beberapa hari menjadi Viral dan menimbulkan polemik dikalangan Masyarakat Batak, ucapan Dosen UIN SUSQA RIAU berinisial HT “Pemberontak pemberontak di UIN ini Batak semua, mau menghancurkan UIN, menghancurkan dunia Melayu, itulah Batak tu” yang disampaikan saat menerima aksi mahasiswa saat melakukan penyampaian aspirasi.

Ucapan yang tersebar melalui berbagai media sosial sempat menjadi viral dan menimbulkan berbagai reaksi. Meski sempat kontroversi dan viral, setelah pertemuan Rektor UIN dengan Perwakilan Generasi Muda Batak Riau, Dedi Harianto Lubis, Senen 25 November 2019,

Bertempat di Pondok Patin HM Yunus Jalan KH Nasution, dilakukan pertemuan Rektor Universitas Islam Negeri SUSQA Riau beserta civitas akademika dengan Tokoh Masyarakat Batak, pertemuan yang juga difasilitasi Kapolda Riau dan Kapolresta Pekanbaru ini dihadiri oleh Perwakilan Tokoh Masyarakat Batak, Patar Sitanggang, Hinsatopa Simatupang, Jhon A Pinem, Hofman Haloho, Viator Butar-Butar, Cornelius Barus, Fery Pardede, Roy Manurung, Daniel R Simanjuntak, dan Dari Kalangan Batak Muslim Indra Poni Nasution, Safrizal Nasution, serta perwakilan MPC Pemuda Pancasila Pekanbaru.

Pertemuan  yang diawali dengan makan siang bersama, yang dibuka pertemuan oleh Rektor UIN Susqa Riau Prof.Ahmad Mujahiddin. Yang dilanjutkan dengan sambutan dari Tokoh Masyarakat Batak Cornelius Barus menyampaikan bahwa secara kelembagaan PKBR sudah memaafkan. Begitu juga  Indra Pomi selaku Ketua Jamaah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Riau,

Secara terpisah Tokoh Muda IKBR, Patar Sitanggang menyampaikan kedepan tidak perlu kita melakukan persekusi dan jangan main hakim sendiri, demi keutuhan dan mengedepankan langkah persuasif.

Disisi lain Kapolresta Pekanbaru sangat mengapresiasi terwujudnya pertemuan Pimpinan UIN SUSQA dan Tokoh masyarakat batak, dan bangga mediasi kedua belah pihak bisa duduk bersama, sebelumnya Kapolresta juga menyampaikan salam dari Kapolda Riau yang sesungguhnya sangat ingin hadir.

Kombes Nandang berharap sesama anak bangsa menjaga kesatuan dan keharmonisan di kota Pekanbaru.

Dikesempatan yang sama Husni Thamrin secara terbuka menyampaikan Permohonan Maaf kepada seluruh masyarakat Batak di UIN, Riau, Indonesia dan Masyarakat Batak Dunia, Saya Mengaku khilaf dan menyesali, saya sangat menyesal dan dengan sebelas jari, dan kepala sangat meminta maaf kepada seluruh masyarakat batak, dihadapan Tokoh Masyarakat Batak, Husni Thamrin juga meminta agar hal ini diselesaikan dengan kekeluargaan.

Sementara itu Rektor UIN SUSQA Prof. Ahmad Mujahiddin menyampaikan terimakasih dapet terwujudnya pertemuan hari ini, terutama kepada Bung Raya Desmawanto, Patar Sitanggang, Dedi Harianto Lubis yang sudah membantu terwujudnya pertemuan disiang hari ini. Disisi lain sementara ini diketahui telah ada Laporan yang diajukan terhadap HT di Polda Riau, ujarnya.

Laporan : Alvie/rls

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru