oleh

Pemkab Rohil Utamakan Perencanaan Tiga Program Pembangunan 2019

Rohil, Detaksatu : Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018 masih memprioritaskan tiga program rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2019.

Disamping bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, dibidang ekonomi seperti usaha-usaha masyarakat yang sedang berkembang juga banyak diusulkan masing-masing kecamatan. Namun, ada beberapa program prioritas yang akan dituntaskan seperti infrastruktur, pariwisata dan pengembangan ekonomi serta bagaimana meningkatakan sumber daya manusia.

Banyak usulan dari masing-masing kecamatan dibidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rohil, HM Job Kurniawan usai kegiatan Musrenbang RKPD 2018 Kabupaten Rohil, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi.

“Jadi walaupun usulan dari kecamatan itu banyak tentu nanti kita ambil yang prioritas saja,” katanya.

Masing-masing kecamatan akan beradu argumen dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohil. Kemudian, lanjutnya OPD akan menandai program mana saja yang meyakinkan dan lebih diprioritaskan dari pada program lainnya.

“Tiap camat harus meyakinkan OPD kita. Bagaimanapun juga tetap ada pemerataan pembangunan semua kecamatan, walaupun tidak banyak tapi tetap ada dari salah satu program prioritas itu,” jelas Job.

Ket Foto : Kegiatan Suasana Musrembang Pemerintah Kabupaten Rohil

Mengenai jalan lintas pesisir Rohil, Job mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga sudah membagi tugas dengan Pemprov Riau, dimana jalan lintas pesisir seperti jalan lintas Kecamatan Kubu ke Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas sudah merupakan jalan Provinsi.

“Kita tinggal mencover mana-mana lagi jalan yang akan kita selesaikan melalui dana kabupaten. Misal, jalan dari Kecamatan Simpang ke Baganbatu, Kecamatan Bagan Sinembah. Kemudian jalan dari Simpang Pujud menuju Baganbatu dan sebagian jalan di Kubu. Begitu juga jalan dari Bagansiapiapi ke Pekaitan menuju Bangko Pusako yang tahun ini sebagian jalan itu sudah dikerjakan. Disamping itu kecamatan lain juga kita perhatikan, contohnya di Kecamatan Tanjung Medan dan Sinaboi yang merupakan jalan provinsi,” paparnya.

Untuk jalan lintas Bagansiapiapi-Ujung Tanjung juga menjadi program prioritas Pemkab Rohil yang merupakan jalan Nasional.

“Kita juga lagi meyakinkan Pemerintah Pusat supaya jalan itu bisa di Multi years dan dikerjakan sekaligus sama seperti pola pengerjaan jembatan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Karena kita sudah tunjukkan dari segi ukur mana yang bisa dan harus diperbaiki, tapi yang jelas Pemerintah Pusat sudah datang ke Rohil beberapa minggu lalu melalui perwakilan yang ada di Riau. Mereka sudah tahu mana yang akan diperbaiki jalan di Ujung Tanjung itu,” tuturnya.

Ket Foto : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rohil, HM Job Kurniawan

Ia berharap begitu nantinya jalan lintas Ujung Tanjung menuju Bagansiapiapi dan jalan lintas pesisir Rohil sudah selesai, tinggal pemerintah daerah setempat memperhatikan jalan-jalan penghubung di daerah itu.

“Artinya bagaimana nantinya jalan Simpang Kanan itu tidak lagi lewat Sumatera Utara ke Rohil, mungkin bisa tembus langsung ke Baganbatu. Kita akan tetap komit untuk itu baik yang anggarannya dari APBD Rohil, Provinsi maupun dari Dana Alokasi Khusus,” terangnya.

Laporan : Auzar Rohil/Advertorial

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru