oleh

Pimpinan DPRD INHU Gesa Pembentukan Tatib dan Kelengkapan Dewan 2019-2024

Rengat, Detaksatu.com : Lima pimpinan Partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) belum membalas surat DPRD Inhu terkait usulan nama fraksi atau membalas surat usulan nama kuwalisi gabungan Parpol yang tidak memiliki kursi cukup untuk satu fraksi di DPRD Inhu.

Parpol yang membangun kuwalisi di DPRD Inhu dan suratnya sudah di terima oleh pimpinan semantara DPRD Inhu, adalah Parpol Persatuan Amanat Nasional (PAN) tiga kursi berkuwalisi dengan Parpol Persatuan Indonesia (Perindo) yang memiliki dua kursi, menamakan diri kuwalisi fraksi “Amanat persatuan Indonesia”.

Ketua Semantara DPRD Inhu, Daniel Eka Perdana Kamis (12/9/2019) menjelaskan, dari jumlah kursi di DPRD Inhu, seluruh pimpinan Parpolnya sudah dikirimkan surat oleh DPRD Inhu tentang usulan nama fraksi.

“Ada lima yang belum membalas secara tertulis surat usulan fraksi, lima Parpol tersebut adalah Parpol Hanura, PDI Perjuangan, PPP dan Demokrat serta PKPI,” ujar Daniel politisi muda partai Golkar Inhu kepada wartawan.

Menurut Daniel, PAN dan Perindo adalah Parpol perdana yang membalas surat usulan nama fraksi ke DPRD Inhu. “Sesuai perolehan kursi di DPRD Inhu, Parpol yang mencukupi satu fraksi adalah Parpol Golkar memperoleh 6 kursi, PKB 4 kursi, Gerindra 4 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi dan PKS 4 kursi,” ujar Daniel.

Sedangkan Parpol yang harus membentuk kuwalisi, karena tidak mencukupi empat kursi di DPRD Inhu adalah PAN, Perindo,
Demokrat, PPP, PKPI dan partai Hanura. “Kita menunggu surat tertulis dari Parpol untuk usulan nama fraksi, ada juga pimpinan Parpol yang sudah menyampaikan secara lisan usulan fraksinya,” jelas Daniel.

Terpisah, ketua DPC PAN Inhu, Rudi Hartono ST IAI dikonfirmasi tentang nama kuwalisi memberikan tentang adanya kesepakatan PAN dengan Perindo bersepakat berkuwalisi di DPRD Inhu dengan nama kuwalisi Amanat persatuan Indonesia.

“Jauh diawal ketika KPU mengeluarkan keputusan Caleg terpilih, kita sudah komunikasi dengan Parpol Perindo tentang kesepakatan kuwalisi,” ujar Rudi.

Semantara itu, ketua DPC Parpol Demokrat Inhu, Arwan Citra Jaya membenarkan juga, belum membalas surat usulan kuwalisi fraksi di DPRD Inhu, namun demikian Demokrat membuka diri dan melakukan komunikasi politik dengan pimpinan Parpol lainya untuk membentuk kuwalisi di FORD Inhu.

“Kita akan membangun kuwalisi bersama Parpol yang sejalan dengan cita-cita Parpol Demokrat,” jelas Wawan.

Hingga berita ini diterbitkan, pimpinan Semantara di DPRD Inhu Daniel Eka Perdana dari Parpol Golkar bersama wakil ketua Semantara DPRD Inhu Masrullah dari PKB, terus bekerja melakukan rapat-rapat dan pembahasan guna pembentukan Tata tertib (Tatib) dewan dan alat kelengkapan dewan priode 2019-2024. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru