oleh

Kabut Asap Selimuti INHU, Kodim 0302/INHU Turun Langsung Bagi Masker ke Pengguna Jalan

Rengat, Detaksatu.com : Sejak satu pekan terakhir, kabut asap di diwilayah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) semakin mengkhawatirkan, untuk mendukung aktifitas masyarakat diluar rumah, Komando distrik militer (Kodim) 0302 Inhu mendistribusikan masker (Penutup mulut dan hidung,red) kepada masyarakat secara geratis.

Pembagian masker geratis, dilakukan personil TNI dari Kodim 0302 Inhu di sejumlah persimpangan lampu merah kota Rengat. “Masyarakat harus menggunakan masker, agar terhindar dari penyakit yang disebabkan kabut asap dari lahan dan hutan yang terbakar,” ujar Dandim 0302 Inhu Letkol ARH Hendra Roza SIP disela kesibukannya membagikan masker kepada masyarakat di kota rengat.

Selain memberikan masker secara gratis, Dandim Hendra menyampaikan, personil TNI terus diperintahkannya untuk melakukan pemadaman titik api yang sedang membakar lahan dan hutan di wilayah Inhu.

“Masyarakat diharapkan ikut membantu padamkan api di lahan sendiri yang terbakar, jika sulit memadamkannya bisa menghubungi personil TNI seperti Babinsa setempat,” ujar Dandim.

Diwilayahnya Inhu, sedikitnya ada terdapat 25 titik api yang tersebar di sejumlah Kecamatan sesuai dengan data hotspot tera aqua SNPP dan Nooa 20 tertanggal 11 September 2019, titik api tersebut membakar lahan mineral seperti lahan gambut.

Dandim Hendra ini juga menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan, tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem, tapi kabut asap yang ditimbulkannya menjadi monster yang merusak kehidupan termasuk anak-anak bangsa sebagai generasi penerus.

“Cuaca exstrim ini, masyarakat jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Riau khususnya Kabupaten Inhu, agar Inhu terbebas dari kebakaran hutan dan lahan,” harapnya. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru