oleh

BKKBN dan Disdalduk KB Pekanbaru Optimalkan Peran Kader IMP

Pekanbaru, Detaksatu.com : Dalam rangka meningkatkan upaya pembangunan Indonesia pada era digital dapat di mulai dari keluarga.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) wilayah Riau dan Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (Disdalsuk KB) Kota Pekanbaru telah menemukan salah satu solusinya yakni maksimalisasi peran dan kompetensi Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP).

Dalam hal ini adalah Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa di singkat PPKBD dan SUB PPKBD singkatan dari Sub Pembina Keluarga Berencana Desa kelurahan Air Dingin ada PPKBD berjumlah 1 sedangkan Sub PPKBD berjumlah 13 orang.

Dalam pelaksanaan kegiatan pertemuan Rutin ini Forum IMP Berkah Bersama di sekretariat Kampung KB Berkah Bersama dengan mengevaluasi kegiatan program KKBPK bagi IMP Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya.

” Untuk pencapaian CU/PUS di wilayah Kampung KB berkah bersama sampai saat ini masih relatif rendah yaitu 7.717 per 4.674 atau sama dengan 61%. Jadi solusi untuk meningkatkan kesertaan ber KB di wilayah Kampung KB Berkah Bersama dengan melakukan terobosan meningkatkan penyuluhan dan sosialisasi tentang program KKBPK khususnya tentang pentingnya keluarga yang berkualitas dan mempunyai rencana pada pelayanan KB gratis MKJP, ” ungkap Sri Rezeki, PLKB Bukit Raya.

Dijelaskan, Sri bahwa KIE bagi PUS yang belum ber-KB dan PUS yang ber-KB yang masih memakai alat kontrasepsi sederhana yang dilakukan oleh PPKBD sub PPKBD dengan didampingi oleh petugas kesehatan dan PKB bersama pemangku wilayah tokoh formal dan non formal dengan cara melakukan terobosan baru membentuk wadah catur bina BKB, BKR, BKl dan UPPKS.

Sedangkan di wilayah Kampung KB Berkah Bersama dengan adanya wadah kegiatan maka PPKBD dan SUB PPKBD akan lebih mudah untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan melaui wadah kegiatan yang telah terbentuk. Hasil dari penyuluhan dan konseling kepada ibu-ibu PUS yang berada di wilayah kampung KB Berkah Bersama.

Pada akhir pertemuan kedua forum ini untuk penyemangat kegiatan mereka melakukan penampilan yel-yel yakni :

” Salam petugas KB SEHAT SEMANGAT Luar Biasa ”

IMP Berkah Bersama Bersatu Mewujudkan keluarga yang berkualitas dan cerdas bersamaan dengan visi misi pemerintah Kota Pekanbaru mewujudkan keluarga yang Smart City yang Madani.

Laporan : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru