oleh

Dewan Berharap Persoalan Dampak Kabut Asap Jadi Fokus Utama

Pekanbaru, Detaksatu.com : Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) langsung melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru guna membahas dan menindaklanjuti persoalan dampak kabut asap bagi kesehatan masyarakat yang terjadi saat ini.

Bahkan dari data di Diskes, setidaknnya sejak 28 Juli hingga 11 September 2019 ini ada 7000 lebih warga Pekanbaru yang kena Inspeksi  Saluran Pernapasan Akut (ISPA) baik yang memang yang disebabkan oleh kabut asap ataupun karena faktor bawaan atau penyakit yang diderita oleh masyarakat. Untuk itu Fraksi PAN berharap Dinas Kesehatan untuk fokus dalam penanganan dampak kabut asap ini bagi masyarakat dan pelayanan kesehatan juga dimaksimalkan.

Kunjungan ini dipimpin langsung Ir Nofrizal MM selaku ketua DPD Partai PAN dan juga unsur pimpinan DPRD Kota Pekanbaru, melibatkan semua anggota DPRD dari Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru, Arwinda Gusmalina, Irman Sasrianto, Indra Sukma, Doni Saputra termasuk Roni Pasla, ke Dinas Kesehatan yang diterima langsung Plt Kepala Dinkes Muhammad Amin serta staf Dinkes, Rabu (11/9/2019)

“Persoalan kabut asap ini tentunya menjadi perhatian serius kita di dewan, makanya kita hari ini kita mengunjungi Diskes untuk berkoordinasi dan menindaklanjuti apa langkah kongrit yang diambil oleh Diskes dalam menghadapi persoalan kabut asap dan dampak yang ditimbulkan,” Ungkap Nofrizal.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni yang juga anggota Fraksi PAN ini meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk fokus kepada penanganan dampak dari bencana asap yang terjadi sejak dua bulan terakhir ini.

Karena menurut Roni, untuk penaganan Karlahut sudah ada yang menjadi tanggungjawab dan wewenang instansi terkait seperti Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) dan juga ada Tim Satgas yang dibentuk, BNNP Pusat, tinggal bagaimana berkomunikasi saja minta bantuan. “Fokus saja pada penanganan dampak asap,” kata Roni Paslah.

Roni juga menyarankan Pemko dalam hal ini Diskes untuk memaksimalkan sosialisasi kesemua kalangan masyarakat, tidak hanya di sekolah-sekolah, akan tetapi fokus ke masyarakat yang berdomisili di pinggiran kota Pekanbaru.

“Sosialisasi ini harus lebih maksimal. Dan saat ini sosialisasi terasa sangat kurang, nyatanya masih sibuk masyarakat kita dengan berkegiatab diluar tanpa rasa takut,” ujarnya lagi.

Menanggapi masukan dari Fraksi PAN ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Muhammad Amin menegaskan, dan sangat mengapresiasi masukan-masukan yang diberikan.

“Kita memang fokus soal penanganan dampak saat ini. Dan soal oksigen kita juga sudah siapkan disetiap puskemas,” kata Amin.

Dengan kehadiran anggota DPRD Kota Pekanbaru Fraksi PAN ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan juga berharap dukungan untuk meningkatkan anggaran di Dinas Kesehatan dalam penanganan dampak asap ini.

“Dari Pemko memang sudah siapkan posko disetiap Puskesmas untuk dapat melayani keluhan, namun karena sifatnya lanjutan maka dukungan anggaran pun sangat di perlukan,” paparnya.

Laporan : Kim PKU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru