oleh

Pemkab Rohil Kedatangan Investor Dari Tiongkok

Rohil, Detaksatu.com : Pemerintah Rokan hilir menerima investor Tiongkok berasal dari Provinsi Weng Coh. Kedatangan investor asing tersebut karena berminat investasi Udang Cow untuk ekspor ke negara Korea dan Jepang.

Hal ini disampaikan oleh Manager Investor asal Tiongkok,  Daniel, usai melakukan pertemuan dengan Pemkab Rohil,  Senin (9/9). Menurutnya,  dirinya selama ini sudah berkeliling ke Pulau Jawa namun hanya Pulau Halang saja tempat yang dinilai paling strategis serta berpotensi dalam pengolahan udang cow pai.

“Rencananya pabrik pengolahan udang akan kita bangun sekitar 2 mil dari lepas pantai Pulau Halang,  dengan dana kisaran Rp. 45 milyar.  Pabrik pengolahan akan kita bangun dengan fasilitas lengkap seperti mesin pengolahan udang,  perumahan karyawan serta berbagai fasilitas lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pabrik akan mulai dibangun di tahun 2020. Segala persyaratan perizinan termasuk mempersiapkan perusahaannya diperkirakan akan selesai sekitar 6 bulan ke depan.

“Untuk masalah ketersediaan bahan baku Udang Cow Pai sendiri,  di sini melimpah, jadi tak perlu khawatir.  Kita akan membeli bahan baku udang yang masih basah dari nelayan udang di sini,  sehingga masyarakat akan merasakan dampak dari keberadaan pabrik udang cow pai ini,” katanya.

Katanya,  nantinya ini akan lebih efisien bagi para pengusaha kapal nelayan karena mereka tidak perlu lagi susah mengeringkan lalu mengantarkan ke Medan atau ke Jakarta.

“Jadi cukup jual basah langsung kita bayar,” ujarnya.

Dikatakannya,  untuk tingkatan produksi mesin diperkirakan satu ton lebih per hari. Untuk pemasarannya sendiri bisa dipasarkan untuk lokal tetapi lebih diutamakan untuk ekspor ke Tiongkok, Korea dan Jepang.

Laporan : Auzar Rohil

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru