oleh

Melalui Program Sehat Pemkab Pelalawan Komit Wujudkan Masyarakat yang Sehat Menuju Pelalawan Emas

Pelalawan, Detaksatu.com – Pada tahun 2006 hingga tahun 2009 lalu, Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu daerah tertinggal di Indonesia.

Atas ketertinggalan tersebut dapat dilihat dari lima indikator yang masih lemah, salah satunya  terkait permasalahan kesehatan.

Kondisi tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan  Bupati  HM Harris  berkomitmen dan terus  berjuang untuk meningkatkan pelayanan bidang kesehatan dinegeri Negeri Seiya Sekata ini agar dapat terciptanya  kondisi kesehatan masyarakat yang sangat memadai.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka Pemerintah kabupaten  Pelalawan telah mencanangkan Program Pelalawan Sehat dibidang kesehatan , demi terwujudnya Pelalawan emas 2016 – 2021  dalam bidang kesehatan.

Dalam program Pelalawan Sehat ini merupakan sala satu dari tujuh program  andalan yang sangat strategis yang dicanangkan Pemkab Pelalawan  sejak tahun  2010 lalu, tepatnya pada periode pertama pemerintahan Bupati Pelalawan HM Harris memimpin.

Sedangkan Program Pelalawan Sehat sendiri adalah suatu upaya intensif menciptakan kondisi sehat masyarakat dan lingkungan, yakni dengan meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan, memberikan pelayanan gratis bagi seluruh penduduk di Puskesmas, serta memberikan jaminan layanan rujukan gratis bagi penduduk miskin dan mendekati miskin, dan menghidupkan kembali budaya gotong royong penyehatan lingkungan. Dan program Pelalawan Sehat ini juga telah sejalan dengan program pemerintah pusat yakni Program Indonesia Sehat.

“Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan dr Endit Romo Pratiknyo mengatakan, Program Pelalawan Sehat merupakan upaya untuk menciptakan kondisi sehat di daerah ini yang dimulai dari sehat lingkungan dan kemudian mewujudkan sehat individual penduduk.

Selain itu, Program Pelalawan Sehat ini juga sebagai upaya untuk memperkuat prakarsa masyarakat dan menghidupkan kembali budaya gotong royong dalam membersihkan lingkungan pemukiman serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pada sisi kesehatan individual, Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan serta memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin yang memperkuat program kesehatan nasional. Dampak yang dirasakan yaitu berkurangnya angka kesakitan, berkurangnya endemi penyakit menular dan meningkatnya umur harapan hidup masyarakat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tentunya, Program Pelalawan Sehat yang telah digagasnya ini, tidak hanya menjadi slogan semata. Di mana program tersebut terus diaplikasikan dengan berbagai kegiatan pembangunan khususnya bidang kesehatan.

“ Ya Alhamdulillah, pencapaian program Pelalawan Sehat, sejak tahun 2012 lalu hingga tahun 2019 ini, kita nilai telah berhasil. Di mana saat ini, masyarakat Kabupaten Pelalawan tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena telah dibiayai oleh pememerintah melalalui dana APBD khususnya melalui layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda),” terang HM Harris.

Diungkapkan mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini, bahwa pelayanan kesehatan dilakukan secara merata baik di wilayah kecamatan maupun desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Di mana seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa berobat, karena seluruh puskesmas akan melayani. Bahkan, jika masyarakat yang sedang dalam kondisi sakit dan tidak lagi sanggup untuk datang ke puskesmas, maka petugas akan mendatanginya.

Sedangkan sejauh ini, program Pelalawan Sehat mencapai peningkatan yang signifikan. Berbagai program yang dihasilkan dalam Pelalawan Sehat banyak dinilai berhasil. Ini terjadi karena Pemkab Pelalawan tidak henti-hentinya memberikan pelayanan kesehatan yang masimal. Di mana hasil akhirnya dari Program Pelalawan Sehat ini adalah meningkatnya umur harapan hidup masyarakat.

Saat ini, program Pelalawan Sehat, telah memberikan dampak positif yang nyata. Program Pelalawan sehat ini pada periode 2016-2021, diarahkan pada enam poin penting yakni peningkatan angka harapan hidup, peningkatan cakupan air bersih, peningkatan akses sanitasi layak, pengurangan kawasan kumuh dan menekan serta menghindari kebakaran lahan dan hutan yang juga menargetkan perolehan Piala Adipura.

Selain itu, sambung Datuk Setia Amanah ini, bahwa di masa kedua kepemimpinannya periode 2016-2021 ini, program Pelalawan Sehat makin menunjukkan dampak nyata yang bernuansa positif dan makin menunjukkan keberhasilannya. Seperti adanya jamkesda, peningkatan pembangunan sarana kesehatan, peningkatan mutu kesehatan dan akreditasi puskesmas. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru