oleh

Tahun 2019 Pemkab Rohil Mendapatkan Pembangunan Infrastruktur Senilai Rp 68 Milliar

Rohil, Detaksatu.com – Tahun ini Pemkab Rohil mendapatkan porsi senilai Rp 68 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan lintas pesisir. Demikian hal itu dikatakan oleh Bupati H Suyatno usai menggelar rapat koordinasi bersama unsur jajaran forum komunikasi pimpinan daerah Rokan Hilir, bertempat di mess pemda setempat, Selasa 19 Februari 2019. Realisasi pembangunan Jalan Pesisir menjadi komitmen Pemkab Rokan Hilir. Jalan Lintas pesisir yang dimulai dari Penipahan, Sungai Daun, Kuala Kubu tembus ke Bagansiapiapi, harus direalisasikan karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Jalan lintas pesisir sebagaimana diketahui perannya sangat vital sebagai sarana masyarakat Rohil untuk bisa bepergian dari satu daerah ke daerah lain, sebagai sarana penunjang kegiatan perekonomian dan membuka isolasi sebuah daerah.

Hal ini sangat disadari Pemkab Rohil di bawah pimpinan Bupati H Suyatno. Tidak mengherankan jika di berbagai kesempatan bupati selalu mengutarakan keinginan dan komitmennya terhadap pembangunan jalan lintas pesisir. Bagi bupati pembangunan jalan lintas pesisir adalah pekerjaan rumah (PR) yang wajib diselesaikan.

“PR kita yaitu seperti ada namanya Jalan Lintas Pesisir, itu sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ini. Jalan Lintas pesisir itu dimulai dari Penipahan, Sungai Daun, Kuala Kubu terus yang tembusnya ke Bagansiapiapi, itu komitmen Pemerintah Daerah bersama DPRD,” kata Bupati Rohil H Suyatno, dalam salah satu kesempatan bertemu dengan masyarakat.

Menurut Bupati, dana pembangunan jalan lintas pesisir bukan berasal dari APBD Kabupaten Rokan Hilir namun dari APBD Pemerintah Provinsi Riau. Karena status jalan lintas pesisir merupakan ruas jalan provinsi. Untuk itu Pemkab Rohil berupaya sekuat tenaga “merebut” dana dari Provinsi Riau.  Dan setahap demi setahap upaya itu membuahkan hasil.

“Anggaran pembangunan jalan pesisir cukup besar, sesuai rencana pemerintah Provinsi Riau melakukan pembangunan jalan pesisir dengan anggaran senilai Rp742 miliar. “Alhamdulillah, secara bertahap berangsur-angsur kita dapat bagian daripada itu. Dari 12 kabupaten kota di Riau, bantuan keuangan Provinsi Riau, bantuan fisik untuk Riau khususnya untuk di Rokan Hilir itu paling tinggi, nomor satu, hampir Rp200 miliar,” lanjut Bupati.

“Jalan lintas pesisir menjadi skala prioritas Pemkab Rohil. Selain infrastruktur jalan, masalah air bersih juga perlu dipikirkan. Untuk itu di harapkan setiap tahunnya harus dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) Provinsi Riau,” kata H Suyatno.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengharapkan pembangunan infrastruktur jalan provinsi, seperti Dumai-Sinaboi, jalan lintas Mahato Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu tersebut berlanjut dan penting dilakukan sebab ketiga akses itu merupakan lintas batas.

“Jadi di Rokan Hilir itu hanya tiga titik jalan provinsi. Sedangkan sisanya adalah jalan kabupaten Rokan Hilir. Termasuk ruas jalan nasional Ujung Tanjung Bagansiapiapi yang hari ini terus melakukan progres pekerjaan mulai dari simpang Tugu Ayam Kecamatan Tanah Putih terus mengarah ke Simpang Poros,” katanya.

Bupati H Suyatno membeberkan, pada tahun 2020 mendatang Pemkab Rohil berharap mendapatkan porsi lebih baik dari pemerintah provinsi Riau, untuk membangun infrastruktur jalan sehingga tidak ada lagi lubang yang menghiasi jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, sesuai dengan janji pihak kementerian Pekerjaan Umum (PU) provinsi Riau.

“Terutama sekali, bagi saudara kita yang tinggal di Penipahan, Kubu, Pekaitan dan seterusnya karena Lintas Pesisir itu sudah tembus di Panipahan, itu sudah terbuka jalur lintas perbatasan Labuhanbatu dengan Rokan Hilir, tepatnya di Panipahan, sudah tembus tahun ini lagi,” sambungnya.

“Fokus kita nanti jalan pesisir Kubu dan sekitarnya, termasuk Jalan Lancang Kuning, Bagan Batu, Simpang kanan, Simpang Pujud menuju simpang Tugu, itu target kita, sebenarnya tidak banyak lagi,” pungkasnya.

Laporan : Auzar Rohil/Advertorial

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru